-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Trik Mudah dan Cepat Menyusun Kalimat sampai Paragraf

Wednesday, September 7, 2022 | 11:20:00 PM WIB Last Updated 2022-09-21T09:04:34Z

 




 

 

Kali ini “Kelas Menulis” akan berbagi trik paling mudah dan cepet dalam menyusun kalimat sampai paragraf. Kelas Menulis sendiri adalah ruang berbagi untuk latihan teman-teman mahasiswa menulis karya ilmiah atau artikel ilmiah.

Sebelum memulai latihan perlu dikemukakan satu hal. Ambil kalimat dari artikel yang terhimpun di repositori bereputasi, sebab di situ merupakan himpunan kalimat-kalimat sempurna hasil penelaahan editor jurnal ilmiah.




 
Oke kita mulai, misal, kita mau bahas tema masyarakat 5.0. Maka untuk mendapat informasi tulislah yang terintas. Misalnya, masyarakat 5.0 merupakan.... Lalu, tempelkan di Google Scholar, klik di sini.
 
Misal dari repositori tersebut kita dapat rujukan ini:
 
Masyarakat 5.0 (Society 5.0) merupakan suatu konsep yang muncul takkala banyak kalangan sedang hangat mendikusikan diskursus industri 4.0.
 
Maka pencarian selanjutnya, misal: Industri 4.0 adalah … klik di sini.
 
Lalu, misalnya dari pelacakan itu kita kutip kalimat ini:
 
Industri 4.0 adalah proses kelanjutan perubahan tahap automatisasi dalam kehidupan yang bertumpu kepada sistem jaringan internet.
 
Dari situ, umpamanya kita tanyakan tentang perbedaan 4.0 dan 5.0, klik di sini.
 
Lalu, dari pelacakan itu kita merujuk kalimat ini, misalnya:

Konsep revolusi 4.0 dan Society 5.0 tidak memiliki perbedaan yang jauh. Hanya saja konsep Society 5.0 lebih memfokuskan konteks terhadap manusia.
 

Nah, berdasarkan kutipan-kutipan tadi akhirnya kita punya kumpulan kalimat yang membentuk paragraf seperti di bawah ini:

Masyarakat 5.0 (Society 5.0) merupakan suatu konsep yang muncul takkala banyak kalangan sedang hangat mendikusikan diskursus industri 4.0 (Hidayati & Andani, 2020). Sedangkan industry 4.0 adalah proses kelanjutan perubahan tahap automatisasi dalam kehidupan yang bertumpu kepada sistem jaringan internet (Puspita, Fitriani, Astuti, & Novianti, 2020). Pada dasarnya konsep revolusi 4.0 dan Society 5.0 tidak memiliki perbedaan yang jauh. Hanya saja konsep Society 5.0 lebih memfokuskan konteks terhadap manusia (Arifin, 2019).
 

Daftar Pustaka

Arifin, Imron. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Universitas Negeri Malang.

Hidayati, Eka Suci, & Andani, Puput. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Puspita, Yenny, Fitriani, Yessi, Astuti, Sri, & Novianti, Sri. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

 

 
 
Selamat mencoba!
 
 
 
Bandung, 07 September 2022
Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

×
Berita Terbaru Update