-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Fitriani Mesti Studi Lanjut Magister, Kelas Booster Sontak Ngadain Perpisahan: Hey, Sampai Jumpa di Lain Hari

Wednesday, November 16, 2022 | 7:46:00 PM WIB Last Updated 2022-11-16T12:47:22Z
 





Hey, sampai jumpa di lain hari
Untuk kita bertemu lagi
Kurelakan dirimu pergi
Meskipun ku tak siap untuk merindu
Ku tak siap tanpa dirimu
Kuharap terbaik untukmu
 
(Sampai Jumpa - Endank Soekamti)


Fitriani memasuki etape kuliah perdana program beasiswa Kemenag – LPDP magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung hari Kamis 17 November 2022.


Sebelumnya, ia diminta mengajar matakuliah Takhrij Hadits di Kelas B Semester III Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin. Matakuliah ini menerapkan Outcome Based Education (OBE) dengan keluaran artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah.
 
Ada 11 tahap dalam latihan penulisan artikel Takhrij Hadits. Fitriani telah mendampingi teman-teman mahasiswa tahap demi tahap. Hasil latihan dikirim ke email untuk dilakukan review (tinjauan) sebagai feedback (umpan balik). Fitriani melakukan tinjauan one by one (satu persatu) secara telaten.
 
Tinjauan dan umpan balik sangat membutuhkan skills (keterampilan). Umpan balik pada dasarnya adalah treatment (perawatan), detox (detoksifikasi), dan stylish (bergaya). Umpan balik merupakan metode konvensional tetapi efektif. Sehingga kerap digunakan sebagai strategi mengembangkan kapasitas keterampilan academic writing (penulisan akademik).

Terbukti sebanyak 41 Orang tuntas latihan penulisan artikel Takhrij Hadits. Jumlah mahasiswa sebanyak 43 Orang sedangkan perkuliahan dimulai tanggal 4 September 2022. Bahkan, ada yang tuntas di pertemuan ke-5 sebagai penulisan tercepat. Fitriani bukan saja memberikan tinjauan dan umpan balik melainkan juga berhasil memotivasi kelas yang menamakan diri “Booster” ini.


Sayang Fitriani harus menyudahi karena mulai memasuki agenda kuliah pascasarjana yang padat. Kuliah magister mesti lebih fokus dan serius dengan penuh konsentrasi tinggi. Berlangsunglah perpisahan yang mengharu biru pada hari Rabu 16 November 2022.
 

Padahal, rencana capaian masih tersisa seperti konferensi dan publikasi ilmiah yang menjadi puncak target pencapaian. Namun demikian teman-teman Kelas Boster Semester III Jurusan IAT tetap bangkit. Terimakasih Teteh Fitriani suatu saat pasti dipertemukan kembali.
 
Hey, sampai jumpa di lain hari
Untuk kita bertemu lagi
 
(Sampai Jumpa - Endank Soekamti)

×
Berita Terbaru Update