-->

Notification

×

Iklan

Iklan

How to Make Big Change

Friday, December 9, 2022 | 10:59:00 PM WIB Last Updated 2022-12-10T09:34:20Z
 



Ada banyak nasihat anjuran tentang bagaimana membuat perubahan besar. Istilah "perubahan besar" berarti hal positif yang diinginkan dan diusahakan banyak pihak. Perubahan besar bermakna pula kemajuan besar.
 
Merupakan hal yang logis bila dikatakan bahwa perubahan besar tidak akan terjadi tanpa dimulai dengan perubahan-perubahan kecil. Namun, perlu dirancang terlebih dahulu perubahan besar apa yang hendak dicita-citakan sebelum memulai perubahan-perubahan kecil.
 
Di dunia akademik kami merancang target 1000 publikasi artikel ilmiah mahasiswa pada Tahun 2023. Target ini ditetapkan dan dimulai Tahun 2020. Banyak hal disiapkan seperti kampanye arti penting penulisan artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa, menyiapkan sumberdaya pelatih penulisan artikel ilmiah, dan terus melakukan proses untuk sukses.
 
Dari Tahun 2020 sampai Tahun 2021 diperoleh 465 artikel ilmiah mahasiswa. Tahun 2022 diperoleh 218 artikel. Jumlah pencapaian 683 artikel sampai Jum'at 9 Desember 2022. Capaian publikasi ilmiah sampai akhir Tahun 2022 dipastikan terus bertambah. Diperkirakan publikasi ilmiah mahasiswa tembus 750 artikel sampai akhir Tahun 2022. Jadi sisanya 250 artikel lagi untuk sampai 1000 artikel di Tahun 2023.

Capaian publikasi ilmiah 683 artikel bukanlah perubahan besar, melainkan hal itu hanyalah angka atau bilangan. Akan tetapi, terasa sekali dari angka-angka atau bilangan tersebut menandai adanya perubahan besar. Perubahan besarnya adalah dinamika akademik mahasiswa dari yang semula belum berorientasi pada publikasi ilmiah menjadi menggeliat latihan menulis artikel di lingkungan mahasiswa untuk tujuan publikasi di jurnal ilmiah.

Bergulirnya dinamika mahasiswa itulah yang kami sebut dengan perubahan besar. Jika bukan perubahan besar, maka sebut saja dinamika akademik mahasiswa mengalami kemajuan besar. Jika capaian publikasi ilmiah sebanyak 683 artikel belum menandakan perubahan besar, maka hal itu setidaknya menuju ke perubahan besar --kemajuan besar.

Catatan di atas adalah pengalaman mahasiswa di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dijalankan tahap demi tahap, dilakukan perubahan-perubahan kecil, dan hingga dirasakan perubahan besar --kemajuan besar. Sebuah komitmen tujuan bersama.

Demikian, hikayat tentang bagaimana membuat perubahan besar. Perubahan bisa ditempuh lebih besar lagi melalui kerjasama strategis lintas pendidikan tinggi. Tegaslah untuk maju bersama menuju perubahan besar dibutuhkan kerjasama berbagai pihak dengan saling berbagi pengalaman terbaik (*)

×
Berita Terbaru Update