-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Utami Syahdiah Lulus Munaqasyah Artikel Ilmiah dengan Predikat Cumlaude

Friday, April 14, 2023 | 6:31:00 AM WIB Last Updated 2023-04-14T00:10:37Z
 


 
Sidang tugas akhir dengan artikel ilmiah menjadi terobosan di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Inovasi ini diusung oleh Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) pada hari Kamis, 13 April 2023 Pukul 08.00-09.30 WIB. di Ruang Munaqasyah Skripsi Mahasiswa FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang.
 
Prof. Dr. Ris'an Rusli, M.Ag., Dekan FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang, sekaligus Ketua Penguji Munaqasyah, membuka acara. “Kami menggelar ujian artikel ilmiah pertama kali dalam pelaksanaan munaqasyah. Penulisan tugas akhir dengan artikel ilmiah merupakan opsi yang diberikan kepada mahasiswa sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Meskipun demikian, ketentuan pada opsi ini mensyaratakan artikel ilmiah tersebut harus terbit di jurnal terakreditasi Nasional,” ungkap Prof. Dr. Ris'an Rusli, M.Ag. didampingi H. Ahmad Soleh Sakni, MA., Sekretaris Penguji Munaqasyah.

Utami Syahdiah adalah kandidat sarjana yang memilih penyelesaian tugas akhir dengan artikel ilmiah. Kandidat sarjana dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 1930305011 ini merupakan mahasiswa Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang. Ia menulis tugas akhir artikel ilmiah dengan judul “Memorizing the Quran with Hypnotherapy Method.” Di bawah bimbingan Budiman, Ph.D., Psy. (Pembimbing I) dan Umi Nur Kholifah, M.Psi. (Pembimbing II), artikel ilmiah kandidat sarjana ini diterima di jurnal terakreditasi Nasional Sinta 3 Syifa al-Qulub.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mendapat tugas sebagai Penguji ke-I dan Dr. Idrus Alkaf, MA., Dosen FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang, sebagai Penguji ke-II. Penguji ke-I mendapat porsi menguji aspek substansi isi sedangkan Penguji ke-II mendapat porsi menguji aspek metodologi.

Utami Syahdiah berangkat dari permasalahan utama penelitian yakni terdapat metode hipnoterapi untuk meningkatkan tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Pelaksanaan penelitian menerapkan desain one-group pre-test dan post-test. Pengolahan data dan pengujian memakai wilocoson signed ranks test IBM SPSS Statsctic 23. Penelitian dilakukan di Rumah Tahfidz Al-Muhajirin Palembang. Hasil uji data penelitian ini yaitu pre-test sebesar 72% dan post-test 90% dengan peningkatan sebesar 18% hingga didapat nilai 0,007<0,005. Temuan penelitian ini berhasil membuktikan bahwa terdapat intensitas santri dalam menghafal Al-Qur’an sesudah diberi perlakuan hipnoterapi.

Penguji I meminta penulis untuk mencantumkan teori hipnoterapi dengan nama yang khas di bagian pendahuluan. Menurutnya, teori inilah yang akan digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Termasuk membandingkan dengan hasil-hasil penelitian terdahulu, sehingga terlihat perbedaan signifikan dengan temuan penelitian sekarang, dan itulah kontribusi penelitian. Penguji II menambahkan, penelitian padasarnya adalah menguji teori yang digunakan oleh peneliti. Sehingga temuan penelitian menjadi terlihat jelas apakah membantah ataukah mengembangkan teori.

Terakhir, para penguji menyadari tugas akhir tingkat sarjana cukup deskriptif, belum dituntut sintesis. “Sarjana belum dituntut sintesis seperti magister, tingkat sarjana cukup deskriptif. Kecuali itu, artikel ilmiah hendak ditingkatkan kedalamannya supaya bisa tembus di Sinta 2, khususnya bagi peluang tindak lanjut penelitian di masa depan,” papar Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan, Penguji yang sekaligus Pegiat Kelas Menulis.

Utami Syahdiah dinyatakan lulus dengan predikat terpuji, cumlaude. “Kami merasakan suasana munaqasyah ini seperti prosesi sidang magister bahkan promosi doktor karena materi artikel ilmiah diuji sangat detail. Selamat Utami Syahdiah telah menjadi teladan untuk teman-teman yang lain,” pungkas Dr. Ris'an Rusli, M.Ag., Jum’at, 14/04/2023 [Rilis berita oleh Kelas Menulis FU UIN Bandung].
 

×
Berita Terbaru Update