-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Fajar Khaswara Hasilkan Temuan Mengejutkan terkait Otoritas Politik dan Keagamaan di Twitter

Sunday, May 28, 2023 | 10:50:00 AM WIB Last Updated 2023-05-29T03:27:08Z
 
 
 


 

 

Beranjak dari fakta Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna Twitter yang sangat besar. Fenomena ini menggambarkan bagaimana Twitter telah menjadi salah satu alat komunikasi dan interaksi yang populer di tengah masyarakat Indonesia yang semakin terhubung secara digital.  
 
Peneliti menggunakan proses text mining pemodelan topik dengan menerapkan Latent Dirichlet Allocation dalam pengambilan dan pengolahan data. Metode penelitian ini membantu peneliti untuk mengidentifikasi topik-topik yang ada menjadi lebih mudah. Di sini, peneliti berfokus pada analisis tentang otoritas baru di Twitter.
 
Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat diskusi serta perdebatan di Twitter terkait dengan isu-isu politik dan keagamaan. Seiring dengan bebasnya masyarakat dalam menggunakan media sosial seperti Twitter, fenomena baru muncul yaitu munculnya otoritas baru politik dan keagamaan.
 
Otoritas baru ini mempunyai peranan di internet yaitu memiliki opini masing-masing tanpa terikat otoritas lama baik dalam hal politik ataupun keagamaan. Otoritas baru secara perlahan menggantikan otoritas lama seperti agamawan dan politikus. Otoritas lama seperti otoritas karismatik dan tradisional digantikan dengan masyarakat sebagai otoritas baru.
 
Temuan Fajar Khaswara ini sangat mengejutkan untuk analisis lebih lanjut dengan berbagai implikasinya. Di Tahun 2023 ini, Fajar Khaswara adalah Mahasiswa Semester 8 Jurusan Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin (FU). Sejak 2020, ia aktif di Kelas Menulis FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung [Ibnu Ghifari].

 

 

 
×
Berita Terbaru Update