-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Saya Sudah Beralih ke Email

Tuesday, June 27, 2023 | 12:27:00 PM WIB Last Updated 2023-06-27T05:28:19Z
 
 

 
 
Saya pernah menulis di Blog “dunia internasional mengakui email sebagai sarana komunikasi formal akademik.” Sejak 2020, saya berusaha mengalihkan komunikasi akademik, khususnya antara saya dan mahasiswa, dari saluran pribadi ke email.
 
Email masuk bisa saya pantau setiap saat melalui notifikasi handphone. Biasanya, saya memberi tanda bintang untuk email yang mesti segera saya balas. Di pagi hari, setelah sarapan sembari minum kopi, saya rutin membuka email sebelum saya beranjak ke kantor. Tiba di kantor pada jam kerja, saya membalas email di tengah-tengah perkerjaan lain. Di sore hari, sebelum pulang kerja, saya kembali membuka email untuk melihat ulang surat-surat yang belum dan telah saya balas. Begitu seterusnya, komunikasi mulai beralih dan kapan saya harus membalasnya terus mengalir.
 
Jenis email mahasiswa beragam. Yaitu kertas kerja perkuliahan, proposal penelitian tugas akhir, kemajuan penelitian, pengesahan penelitian, praktikum, dan sebagainya. Saya tahu saat ini sebagian besar teman-teman kampus mulai menggunakan email untuk komunikasi (korespondensi) formal akademik [].
 
 
Bandung, 27 Juni 2023
Wahyudin Darmalaksana, Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
×
Berita Terbaru Update