-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Versi Baru Kelas Menulis Melangkah Lebih Maju, Totalitas, dan Kualitas

Sunday, July 23, 2023 | 11:49:00 AM WIB Last Updated 2023-07-23T05:20:02Z

 

 


Kelas Menulis sudah saatnya mengubah strategi pembelajaran. Dari strategi lama ke strategi baru, edisi baru, dan versi baru.
 
Sejak 2020 sampai awal Tahun 2023, Kelas Menulis mencapai target 1000 publikasi artikel ilmiah mahasiswa. Artinya, Kelas Menulis menghasilkan sekian banyak sumber daya terlatih dengan produktivitas publikasi ilmiah yang tinggi. Juga Kelas Menulis memiliki 4 (empat) jurnal ilmiah melalui pengelolaan mahasiswa secara mandiri atau otonom.
 
Meskipun telah berhasil dalam berbagai pencapaian, Kelas Menulis memandang perlu mengubah strategi selama ini. Sejauh ini kami menggunakan strategi pendampingan. Tutor mendampingi siswa satu persatu sampai berhasil.
 
Strategi pendampingan memiliki kelebihan. Tutor mendampingi siswa secara intensif dan melakukan review secara detail terhadap hasil latihan siswa yang mereka kerjakan secara bertahap. Strategi ini efektif meningkatkan hasil latihan siswa sejak tahap pertama sampai tahap akhir. Siswa berhasil menulis artikel ilmiah dengan kualitas yang terstandar.
 
Selain kelebihan, strategi pendampingan memiliki kelemahan. Strategi ini membuat siswa kurang mandiri. Siswa cenderung menunggu feedback (umpan balik) untuk mengetahui kesalahan-kesalahan teknis penulisan. Umpan balik secara detail tidak menjamin siswa dapat menghindari kesalahan teknis penulisan yang sama di tahap-tahap selanjutnya. Tutor selalu menemukan kesalahan teknis penulisan yang semestinya tidak terulang. Strategi pendampingan juga tidak menjamin seluruh siswa dapat menuntaskan penulisan artikelnya. Selalu saja terdapat siswa yang kurang memanfaatkan peluang pendampingan.
 
Berdasarkan kelemahan di atas, kami mempertimbangkan untuk mengubahnya dengan strategi baru. Strategi baru ini menuntut kami untuk terlebih dahulu melaksanakan test sebelum pelaksanaan latihan. Hal ini berfungsi untuk mengetahui motivasi siswa sehingga mempunyai ketertarikan mengikuti latihan penulisan artikel ilmiah. Motivasi ini menjadi modal pertama yang sangat menentukan keberhasilan siswa.
 
Selanjutnya, kami mendorong kemandirian siswa dalam praktik penulisan artikel ilmiah. Kemandirian ini menjadi modal kedua untuk pengembangan kapasitas siswa dalam skills (keterampilan) penulisan artikel ilmiah (academic writing). Bagi terciptanya kemandirian ini, kami menyiapkan modul latihan penulisan artikel ilmiah dan siswa melaksanakan latihan secara tekun dengan mengacu pada ketentuan modul.
 
Selebihnya, siswa dapat membentuk peer-group (kelompok sebaya) supaya tercipta dinamika saling berbagi pengetahuan praktis penulisan artikel ilmiah. Kami akan mendelegasikan fasilitator terlatih dan berpengalaman yang akan menjamin dinamika peer-group berlangsung secara serius. Para fasilitator terlatih dan berpengalaman ini merupakan struktur pengurus –yang membidani dan melakukan pengelolaan jurnal ilmiah, alumni, dan komunitas Kelas Menulis.
 
Jadi, modal pertama adalah motivasi tepatnya motivasi untuk berhasil dan modal kedua kemandirian dalam mengembangkan kapasitas keterampilan. Dua modal ini diarahkan untuk menghasilkan fundamental kompetensi siswa sebagai pribadi atau sumber daya yang terlatih. 

Demikian, strategi baru, edisi baru, versi baru Kelas Menulis dengan slogan melangkah lebih maju, totalitas, dan kualitas.
 
 
Bandung, 22 Juli 2023
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

×
Berita Terbaru Update