-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ayo Berdiri pada Sudut Pandang Subjek Ilmu Jurusannya

Thursday, September 14, 2023 | 7:27:00 PM WIB Last Updated 2023-09-14T12:27:55Z



Saya senang mahasiswa bisa berdiri berlandaskan pada subjek ilmu jurusannya (dengan menambahkan perspektif baru dari keilmuan lain di luar bidangnya). 



Di sini, mahasiswa menyadari betul tentang peran bidang ilmu jurusannya di satu sisi, dan mereka menyadari tentang pentingnya bidang keilmuan lain di luar bidang ilmu jurusannya untuk dijadikan suatu perspektif. Sebab, suatu bidang ilmu pasti selalu memiliki irisan dengan satu bidang ilmu lainnya.




Subjek ilmu-ilmu jurusan dipastikan memiliki seperangkat metode. Di antara metode-metode tersebut (dalam pelaksanaan penelitian) akan dilihat relevansinya untuk digunakan dalam pencarian data, pengolahan data, dan sampai diperoleh data hasil penelitian. 


Subjek ilmu jurusan ini kemudian akan digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian (yang diperoleh dari kerja metode) tadi, sehingga dihasilkan temuan penelitian. Tegaslah perbedaan antara hasil penelitian dan temuan penelitian.




Sedangkan perspektif baru dari keilmuan lain akan berperan untuk memberikan sentuhan pada temuan penelitian. Dengan kata lain, ilmu lain dari luar bidang jurusan akan memberikan perspektif tertentu terhadap temuan penelitian berdasarkan teori dan metode bidang ilmu jurusan. 



Perspektif baru dan sentuhan baru ini pada gilirannya akan memperkaya perkembangan pengetahuan, baik spesifik bidang ilmu jurusan maupun general bidang ilmu lain.


Itulah apa yang disebut dengan berdiri pada suatu sudut pandang subjek ilmu jurusan dengan menambahkan perspektif atau sentuhan baru dari bidang ilmu lain. Bravo untuk semua mahasiswa 👏


Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis, Motivator pada Sentra Publikasi Indonesia

×
Berita Terbaru Update