-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kemajuan Mahasiswa Kelas Menulis FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Sunday, November 12, 2023 | 2:44:00 PM WIB Last Updated 2023-11-17T02:11:43Z

 

 


 

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar resmi mendirikan Kelas Menulis, Selasa, 10 Oktober 2023. Kelas Menulis diposisikan sebagai pusat bantuan peningkatan keterampilan penulisan akademik (academic writing) kalangan mahasiswa, termasuk penulisan artikel bagi sasaran publikasi di jurnal ilmiah.
 
Dr. Akhyar Hanif, M.Ag., Dekan sekaligus Pendiri Kelas Menulis FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar memulai agenda kegiatan dengan menggelar pelatihan penulisan artikel ilmiah. "Adik-adik mahasiswa peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan keterampikan penulisan artikel ilmiah, yang kami siapkan menjadi sumber daya mumpuni yang terlatih dalam kepenulisan artikel ilmiah. Sehingga akan berperan mengungkit produktivitas publikasi ilmiah," ungkapnya.  
 
Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan sekaligus Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung diundang sebagai fasilitator. "Yakin mahasiswa bisa dan pasti bisa mengukir prestasi publikasi artikel di jurnal ilmiah. Buktinya, saat ini adik-adik mahasiswa generasi hebat telah menempuh kemajuan yang luar biasa," paparnya.
 
 

 
Peserta sebanyak 45 Mahasiswa utusan terbaik dari masing-masing jurusan di lingkungan FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Sebaran jurusan dimaksud yaitu Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurnalistik Islam, Ilmu Hadis, Ilmu Perpustakaan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Psikologi Islam. 
 
Pelatihan dilaksanakan dengan pola online dan offline. Pola pertama ditempuh melalui WhatsApp Group yang secara efektif berlangsung tanggal 5-14 November 2023. Sesuai rencana, pola kedua akan dilaksanakan tanggal 15-16 November 2023 bertempat di UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Pola online digunakan sebagai pra kegiatan meliputi pemaparan ketentuan peserta, penyampaian modul kepenuliasan artikel ilmiah yang dapat diakses melalui website, teknik penggunaan aplikasi Mendeley, dan penentuan topik penelitian secara ajeg.
 
Di antara kemajuan pra kegiatan yaitu tercatat sampai Rabu, 8 November 2023, sebanyak 15 peserta menyatakan telah install Mendeley dan telah mampu mengoperasikan perangkat pengeolaan referensi ini, yakni: Ervandi Jat Mico, Firdaus, Maulia Adinda Rahmi, Fifi Wasni Hasanah, Muhammad Dhika Refitrah, Putri Sakinaturrohmah, Lela Anisa Yesri, Sarah Febrela T, Farah Fauziyah, Camelia Azhari, Anisa gustinawati, Afiqa Andhina, Azzahra Sakinatul Qulub, Sakinah Alvian Rahmi, dan Indah. Tentu daftar ini akan disusul oleh peserta lainnya.
 
Sembari instalasi aplikasi Mendeley pada desktop masing-masing laptop peserta, fasilitator mulai mengarahkan untuk penetapan topik penelitian. Sampai Jum’at, 10 November 2023, tercatat sebanyak 14 peserta telah menyiapkan topik penelitian, yaitu: Sarah Febrela, Positive Self Talk untuk Peningkatan Kesejahteraan Psikologis Gen Z; Maulia Adinda, Analisis Faktor Penyebab Perilaku Lesbian Santri Pondok Pesantren; Fifi Wasni Hasanah, Urgensi Parenting pada Perkembangan Anak; Azzahra Sakinatul Qulub, Empty Nest Syndrome pada Wanita Dewasa Madya Lela Anisa Yesri, Dampak Brokenhome terhadap Kesehatan Mental Anak; Camelia Azhari, Dampak Kecanduan Game Akibat Kesepian; Afiqa Andhina, Analisis Perilaku Penyimpangan Seksual pada Remaja; Muhammad Dhika Refitrah, Faktor Ide Bunuh Diri pada Remaja; Indah, Dampak Video Porno pada Remaja; Farah Fauziyah, Faktor Kegagalan Resiliensi pada Remaja Broken Home; Fitri Sakinaturrohmah, Strategi Dakwah dalam Tradisi Pacu Jawi (Studi Kasus di Pariangan Kabupaten Tanah Datar); Firdaus, Pengaruh Interaksi dengan al-Qur’an terhadap Perilaku; Anisa, Pencegahan Kecanduan Game Online pada Anak Usia Dini; dan Roza, Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Perilaku Anggota DPRD.
 
Fasilitator juga mengarahkan untuk memulai tahapan penulisan. Seperti dimuat dalam modul penulisan yang menjadi acuan peserta pelatihan, terdapat 11 tahapan penulisan yang harus ditempuh peserta.
 
Tahap 1 adalah penyusunan formula penelitian mencakup permasalahan utama, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Sampai Sabtu, 11 November 2023, sejumlah peserta telah berhasil mengerjakan latihan Tahap 1, yaitu: Firdaus, Roza, Farah Fauziyah, Sarah Febrela, Lela Anisa Yesri, Maulia Adinda, Fifi Wasni Hasanah, Muhammad Dhika Refitrah, dan Fitri Sakinaturrohmah.
 
Di agenda pra kegiatan ini, ada juga peserta yang telah mengirim Tahap 2, yaitu hasil penelitian terdahulu, kesamaan, dan perbedaannya dengan penelitian sekarang. Tahap 2 dikirim melalui email untuk dilakukan review (telaah) dan feedback (umpan balik). Muhammad Dhika Refitrah mengirim Tahap 2 Sabtu, 11 November 2023 Pukul 19.17 WIB. Farah Fauziyah mengirim Tahap 2 Sabtu, 11 November 2023 Pukul 22.15 WIB. Tahap 2 hasil latihan keduanya telah diberi catatan dan diminta segera kirim ulang hasil revisi dengan menyertakan kemajuan latihan Tahap 3 yakni kerangka berpikir.
 
Selebihnya, para peserta diarahkan untuk menyelesaikan seluruh tahapan, yakni Tahap 1 sampai Tahap 11, sebelum pelaksanaan kegiatan, Rabu-Kamis, 15-16 November 2023.
 
 

 
Pelatihan kepenulisan artikel ilmiah pada Kelas Menulis FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar melibatkan kalangan dosen di antaranya Andri Maijar, M.Sn. dan Novi Budiman, M.Si. Tampil pula Hidayatul Fikra, S.Ag., dan Fitriani, S.Ag., sebagai pengelola Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung [Fikra].

 

×
Berita Terbaru Update