-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Modul Penulisan Artikel Ilmiah di Mata Mahasiswa

Friday, November 24, 2023 | 11:27:00 AM WIB Last Updated 2023-11-24T04:28:17Z

 

 

 



 

Mahasiswa sedang didorong menulis artikel ilmiah. Modul disiapkan sebagai acuan penulisan. Berikut ini testimoni mahasiswa:
 
 
 
 
“Farah rasakan menulis artikel jadi jauh lebih mudah, apalagi sebelumnya Farah tidak tahu apa-apa soal menulis artikel. Farah menjadi tahu tahap demi tahap cara menulis artikel dengan mengikuti modul. Sekarang begitu mudah menulisnya. Modul benar-benar sangat bermanfaat untuk Farah” (Farah Fauziyah, Sabtu, 18 November 2023).
 
 

 
“Setelah menggunakan modul, saya merasa dimudahkan dalam pembuatan artikel karena di modul telah diberi tahapan yang membantu saya dalam memulai pembuatan artikel. Saya tidak merasa adanya kesulitan dalam penggunaan modul karena modul sangat jelas dan mudah dipahami” (Lela Anisa Yesri, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

“Modul memberi kemudahan pada tahapan, karena pembuatan artikel dilakukan bertahap, sehingga menjadi mudah karena tahap-tahap tersebut juga dijelaskan secara rinci dan terdapat juga gambaran awalnya. Saya belum menemukan kesulitan modul” (Sarah Febrela, Kamis, 23/11/2023).
  
 

 
“Modul yang diberikan sangat membantu dalam proses pembuatan artikel ilmiah. Di mana setiap tahap terdapat penjelasan yang mudah dipahami dan dapat dilakukan dengan baik. Mungkin untuk kesulitannya itu terdapat pada pemahaman pada setiap individu yang baru belajar buat artikel ilmiah” (Indah, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
“Saya rasakan setelah mengikuti Kelas Menulis dan diberi modul untuk pembuatan artikel, merasa sangat dimudahkan karena di dalam modul tersebut sudah diberi tahapan-tahapan yang sangat membantu dalam membuat artikel.” 
 
Saya tidak merasa kesulitan dalam menggunakan modul karena modul yang diberikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, bagi saya sendiri yang baru memulai menulis artikel sangat terbantu dengan adanya modul untuk penulisan artikel ini” (Maulia Adinda Rahmi, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
"Kami dapat insight baru tentang penulisan artikel yang baik dan benar, ditambah dengan modul dan fasilitas yang diberikan, semakin memudahkan kami untuk memiliki pemahaman dasar mengenai penulisan artikel. Saat pelatihan, tidak lupa fasilitator membimbing serta memberi kami motivasi untuk terus melangkah setidaknya satu tahap ke depan. Terima kasih banyak pak atas bimbingannya, semoga bertemu lagi pada kesempatan-kesempatan lainnya” (Afiqa Andhina, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
"Saat mempelajari modul penulisan artikel ilmiah, saya merasa sangat mudah dan cermat dalam menanggapi artikel jurnal yang saya buat. Ini baru mempelajari saja, bagaimana jika mempraktikkannya? Wah tentu jawabannya sangat positif pastinya; saya merasa dalam mengaplikasikan modul penulisan artikel ilmiah ini tidak ada hal yang rumit.” 
 
“Sungguh dapat terealisasi dengan baik dan juga mudah. Terima kasih telah menata serta membuatkan modul penulisan artikel ilmiah secara mudah ini” (Afifah Dzakiyyah, Kamis, 23/11/2023). 
 

 
“Ternyata baru tau kalau Febi pernah nonton video Youtube pas semester 2, namun Febi tidak mengikutinya sampai habis, jadi tidak paham dengan penjelasan modul.” 
 
“Setelah bertemu dan dibimbing secara langsung dengan teknik yang sama, Febi jadi mudah untuk memahami dan memulai penulisan artikel. Degan mengikuti prosedur sesuai modul, Febi jadi fokus pada tiap-tiap tahapan, sehingga artikel kita jadi terstruktur dan sistematis.” 
 
“Namun, Febi mengalami kesulitan pribadi dalam penyesuaian penuh isi artikel terhadap topik yang dibahas, terkadang ada beberapa pembahasan yang tidak terlalu menyangkut dengan topik yang dibahas” (Febi Febrita, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
“Setelah menggunakan modul, saya menjadi lebih mengerti dan lebih paham bagaimana cara dalam pembuatan artikel karena di dalam modul yang diberikan pelatih terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan.” 
 
“Menurut saya, dengan adanya langkah-langkah tersebut, memudahkan untuk membuat artikel. Selanjutnya, saya merasa tidak ada kesulitan dalam memahami modul tersebut, karena di dalam modul juga terdapat contoh dari setiap langkah-langkah yang diberikan” (Feby Nadya Rahma, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
“Qulub merasa senang mengikuti Kelas Menulis. Awalnya, Lub bingung dari semester 2 kemaren mengenai menulis sebuah artikel. Tapi setelah masuk Kelas Menulis Lub jadi tahu bagaimana cara membuat artikel. Modul yang dibagikan sangat membantu sekali. Apalagi di dalam modul sudah jelas isinya dengan tahap-tahap yang sudah diberikan contoh yang gampang dipahami. Sama sekali Lub tidak menyesal mengikuti. Terima kasih atas cara memberikan modul yang sangat gampang dipahami” (Azzahra Sakinatul Qulub, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
“Menurut saya penggunaan modul sangat membantu dalam membuat artikel dengan baik, karena dalam modul sudah terdapat tahap-tahap penyusunan artikel sehingga saya dapat lebih mudah memahami cara pembuatan, dengan melihat modul saya jadi mengetahui kekurangan saya dalam pembuatan artikel, dan mampu menyelesaikan kekurangan tersebut dengan mengikuti modul.” 
 
“Dengan adanya modul ini, saya jadi suka menulis meskipun sebelumnya saya belum pernah mencoba menulis, bahkan tidak ada minat dalam menulis, menjadi suka menulis dengan adanya bantuan modul.” 
 
“Selain itu, saya tidak ada mengalami kesulitan dalam menggunakan modul karena tahapan yang sudah tersedia di dalam modul tersebut, dan saya tinggal mengikuti contoh dari setiap tahapan di dalam modul untuk membuat sebuah artikel” (Elpitah Rahmi, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
“Saya merasa sangat terbantu sekali dengan adanya modul panduan dalam pembuatan artikel yang saya dapatkan dari Kelas Menulis untuk pembuatan artikel yang baik dan benar. Dengan adanya modul saya mengetahui bagaimana cara pembuatan artikel yang baik, karena  di dalam modul tersebut sudah diberi tahapan-tahapan yang sangat membantu dalam membuat artikel dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.” 
 
“Saya tidak merasa kesulitan dalam menggunakan modul karena penggunaan bahasanya yang mudah dipahami dan juga ibarat kata modul ini singkat, jelas dan padat apalagi untuk seorang pemula seperti saya  yang baru memulai menulis artikel” (Delya Akhlaqul Karimah, Kamis, 23/11/2023). 
 
 

 
"Yang Dhika alami setelah mengikuti Kelas Menulis dan menggunakan modul, Dhika merasa lebih gampang dalam pembuatan artikel karena di dalam modul yang bapak berikan terdapat tahap-tahap yang membantu Dhika dalam memulai pembuatan artikel."
 
"Dhika merasa tidak ada kesulitan dalam menggunakan modul latihan karena modulnya sangat mudah dimengerti dan dipahami" (Muhammad Dhika Refitrah, Kamis, 24 November 2023).
 
 

 
“Modul sangat bermanfaat bagi Amel, karena dengan adanya modul membuat Amel paham tahap-tahap dalam membuat artikel jurnal. Amel dapat penjelasan secara detail bagaimana tahap-tahapnya, yang membuat kami sangat excited dalam membuat artikel jurnal, dan Amel mudah memahami modul yang disampaikan” (Camelia Azhari, Kamis, 23/11/2023).
 
 

 
"Setelah mengikuti Kelas Menulis dan menggunakan modul, Fifi  merasa dimudahkan dalam pembuatan artikel karena di modul telah diberi tahapan yang memudahkan dalam memulai pembuatan artikel." 
 
"Modul sangat mudah digunakan, karena keterangan di modul mudah dipahami, bersyukur sekali bisa mengikuti Kelas Menulis, karena bisa memudahkan dalam penulisan Artikel. Terima kasih banyak atas ilmunya, yang sangat bermanfaat bagi kami semua" (Fifi Wasni Hasanah, Jum'at, 25 November 2023).
 
 
Semuanya adalah mahasiswa semester III Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Testimoni disampaikan selepas kegiatan “Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah,” Rabu-Kamis, 15-16 November 2023. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kelas Menulis FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar bekerjasama dengan Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dr. Akyar Hanif, M.Ag, Dekan FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar menunjuk peserta pelatihan sebagai Duta Kelas Menulis.
 
Modul Penulisan Artikel Ilmiah disusun oleh Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Modul silahkan akses di situs kami,” ungkapnya, Jum’at, 24/11/2023 [Hidayatul Fikra].

 

×
Berita Terbaru Update