-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Segera Launching Buku Perjalanan Kelas Menulis

Tuesday, November 7, 2023 | 3:45:00 PM WIB Last Updated 2023-11-07T09:02:23Z

 

Saat ini, Kelas Menulis sedang mengerjakan project. Berupa penulisan buku perjalanan Kelas Menulis sejak berdiri Tahun 2020 sampai sekarang. Penulisan buku dimulai bulan Januari 2023 dan ditargetkan rampung Desember 2023.
 
Kelas Menulis didirikan oleh Dekan, Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kelas Menulis berkiprah dalam mendorong pencapaian publikasi ilmiah di kalangan mahasiswa. Sampai 07 November 2023 tercatat 1069 artikel mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung terbit di jurnal ilmiah.
 
Selain di lingkungan internal, Kelas Menulis juga melaksanakan berbagai kegiatan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia dan beberapa pendidikan tinggi umum. Seperti studium generale, workshop, pelatihan, dan pendampingan penulisan artikel ilmiah. Tak terkecuali, pelatihan pengelolaan konferensi dan pengelolaan jurnal ilmiah.
 
 
Keterangan gamabar: Sebelah kanan Hidayatul Fikra dan sebelah kiri Fitriani
 
 

Di bawah bimbingan Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., buku perjalanan Kelas Menulis ditulis oleh Hidayatul Fikra S.Ag. dan Fitriani, S.Ag. Keduanya merupakan pengelola Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung yeng berperan menjadi fasilitator penulisan artikel ilmiah. Juga keduanya mengelola jurnal ilmiah berbasis Open Journal System (OJS). Hidayatul Fikra mengelola Jurnal Riset Agama (JRA) dan Fitriani mengelola Journal of Takhrij Al-Hadith (JTH).
 
Buku ini menuturkan perjalanan panjang Kelas Menulis. Di dalamnya memuat program-program kegiatan yang telah dilaksankan, berbagai strategi pengembangan pelatihan dan pendampingan, pencapaian mahasiswa di bidang publikasi ilmiah, dan sebagainya. Dimuat pula beberapa catatan penting tentang rekomendasi pengembangan Kelas Menulis. Buku ini rencananya akan diluncurkan (launching) akhir Tahun 2023 [Fikra-Fitri].  

 

 

×
Berita Terbaru Update