-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Terciptanya Sumberdaya Riset yang Mumpuni menjadi Tujuan Jangka Panjang Kelas Menulis

Tuesday, November 7, 2023 | 7:55:00 PM WIB Last Updated 2023-11-17T02:31:14Z

 

 



 

Kelas Menulis memiliki tujuan jangka panjang. Kelas Menulis didirikan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020. Tujuan jangka panjang Kelas Menulis adalah menyiapkan sumberdaya akademik yang mumpuni di bidang riset.
 
Mahasiswa jenjang sarjana sejak semester pertama menerima latihan penelitian dimulai dengan penelitian sederhana. Lalu, latihan menulis laporan hasil-hasil penelitian tersebut dalam bentuk artikel ilmiah. Selanjutnya, naskah artikel dikirim ke jurnal ilmiah sampai memperoleh peluang terbit. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman penulisan artkel ilmiah dan memiliki jejak publikasi ilmiah selama masa kuliah sejak semester pertama sampai semester akhir. Jenjang sarjana ditempuh selama 3.5 tahun atau maksimum 4 (empat) Tahun.
 
Setelah rampung strata satu (S1) dengan meraih gelar sarjana, selanjutnya lulusan S1 diharapkan memiliki peluang studi lanjut ke strata dua (S2) jenjang magister dengan berbekal pengalaman publikasi artikel di berbagai jurnal ilmiah. Jika S1 cukup penelitian deskriptif, maka S2 diarahkan melakukan penelitian analitis, yaitu mensintesiskan teori antara teori yang satu dengan teori lainnya. Praktis, kemampuan riset akademisi semakin meningkat selama studi S2. Substansi isi penulisan artikel hasil penelitian mereka pun dipastikan meningkat secara kualitas. Dengan demikian, mahasiwa S2 pasti menghasilkan publikasi ilmiah dengan substansi isi yang lebih berkualitas. Jenjang S2 ditempuh selama 2 (dua) tahun.
 
Peningkatan kemampuan riset akademisi jenjang S2 akan mendorong minat studi lanjut ke strata tiga (S3) jenjang doktor. Penelitian jenjang doktor tidak cukup sebatas sintesis saja, tetapi diarahkan mampu mengkonstruksi teori. Sebab, suatu teori ketika ditemukan berdasarkan hasil penelitian di suatu tempat belum tentu teori tersebut tepat pada saat digunakan untuk membaca atau menganalisis data, peristiwa, dan realita di suatu tempat lain yang berbeda. Sehingga peneliti harus merancang kontruksi teori yang relevan dan sekaligus melakukan refleksi terhadap data, peristiwa, dan realita secara mendalam di mana hal yang terakhir ini justru memungkinkan peneliti menemukan teori baru. Temuan hasil-hasil penelitian jenjang doktor dituntut memberikan kontribusi dan implikasi signifikan terhadap perkembangan teori dan sekaligus kemajuan masyarakat. Itulah sebabnya mengapa artikel hasil penelitian jenjang doktor diharapkan mampu menembus jurnal internasional reputasi global. Jenjang S3 paling cepat ditempuh selama 2 (dua) tahun.
 
Jelaslah tujuan jangka panjang Kelas Menulis yaitu terciptanya sumberdaya akademik mumpuni di bidang riset. Dibutuhkan 8 (delapan) tahun paling cepat sejak S1, S2, dan sampai S3 bagi terciptanya sumberdaya riset yang mumpuni. Kelas Menulis tidak lain adalah komunitas riset akademisi jenjang sarjana, magister, dan doktor yang saling menguatkan kapasitas kompetensi. Kelas Menulis didirikan oleh Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., bagi penciptaan sumberdaya riset Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung [Fikra]. 

 

×
Berita Terbaru Update