-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kelas Menulis Jabarkan Proyek Penulisan Akademik Kontinum Penyangga Industri Publikasi Ilmiah

Friday, January 5, 2024 | 9:31:00 AM WIB Last Updated 2024-01-05T02:32:27Z

 

 



 

 

Hari ini publikasi ilmiah dipahami sebagai industri. Sebuah kontinum kegiatan sejak mengolah bahan hasil penelitian, penulisan dalam bentuk artikel, pengiriman ke jurnal ilmiah, penyempurnaan, dan hingga memenuhi kelayakan publish.
 
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menjabarkan, “industri tidak selalu diartikan mesin alat-alat berat. Industri bisa dipahami sebagai rangkaian produksi,” tuturnya.
 
“Suatu produksi dalam industri merupakan kontinum. Artinya, rangkaian kegiatan, bukan instan. Produksi dalam suatu industri menghendaki kualitas,” lanjutnya.
 
Apakah mahasiswa bisa menyelesaikan penulisan artikel sampai terbit di jurnal ilmiah dalam satu semester? 
 
Itu terlalu instan minimal butuh tiga semester. Misalnya, penulisan artikel di semester tiga, pengiriman artikel ke jurnal ilmiah dan penyempurnaan di semester empat, dan biasanya baru bisa terbit di semester lima. Ini disebut kontinum yakni rangkaian kegiatan tanpa dibatasi semester.
 
Karena kontinum maka penulisan artikel tepat bila disebut proyek. Yakni, rencana pekerjaan dengan sasaran khusus (penulisan, templating, pengiriman, revisi, dan sebagainya) dan dengan waktu penyelesaian yang tegas.
 
Dari situ, lahirlah istilah Proyek Penulisan Akademik Kontinum (PPAK) dalam bahasa Inggris "Continuum Academic Writing Project." PPAK berperan menjadi penyangga industri publikasi ilmiah.
 
“Mahasiswa ikutlah project. Ini kontinum minimal tiga semester,” ungkap founder Kelas Menulis, Jum’at, 05/01/2024 [Fikra].

  

 

 

×
Berita Terbaru Update