Emang boleh sekeren ini! Logbook adalah buku catatan sistematik
berisi aktivitas-aktivitas, peristiwa, dan kejadian di lingkungan pekerjaan. To Do List ialah daftar tugas yang harus diselesaikan seseorang.
Manajemen Kelas Menulis pada Roemah Kolaborasi diarahkan membuat To Do List untuk basis Logbook. To Do List
dibuat oleh masing-masing personal. Logbook dibuat oleh kelompok. Contoh To Do List di bawah ini:
Materi Logbook kelompok dapat
terpenuhi dari To Do List personal. Sebab, tugas personal terkait dengan
aktivitas kelompok. Ditenggarai bahwa segala aktivitas Kelas Menulis di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung mesti
tertuang di dalam Logbook.
Logbook dan To Do List menjadi
penting untuk manajemen aktivitas, realisasi rencana program, monitoring, evaluasi, dan strategi pencapaian tujuan. Jika Logbook dan To
Do List dibuat secara menarik, maka bisa menjadi informasi publik yang sangat bermanfaat. Keren kan!
Kebutuhan membuat Logbook dan To Do List disampaikan oleh Wahyudin
Darmalaksana melalui FGD (Focus Group Discussion). Diikuti oleh Hidayatul
Fikra, Susanti Vera, dan Fitriani. FGD berlangsung di Kantor Sentra Publikasi Indonesia (SPI), Kamis, 08/02/2024 [SPI].