-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sunday, October 27, 2019 | 7:07:00 PM WIB Last Updated 2019-10-27T12:07:41Z
*Rektor UIN Bandung Siapkan Dana Bantuan Menulis Artikel*


Menulis artikel menjadi tatangan akademisi global. Gejala ini mula-mula muncul di dunia internasional. Lalu merambah ke seluruh negara menjadi tantangan akademisi penduduk kampung global termasuk di Indonesia.

Pada 2018 publikasi reputasi global Indonesia (32.905) berada pada posisi kedua setelah Malaysia (32.984). Padahal, pada 2017 Indonesia masih terpaut jauh dari Singapore. Ini tidak terlepas dari kebijakan Indonesia meningkatkan publikasi ilmiah.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, selanjutnya disebut UIN SGD Bandung, berkomitmen meningkatkan publikasi ilmiah. Bantuan penelitian diwajibkan menghasilkan publikasi. Selain itu, UIN SGD Bandung memberikan bantuan konferensi sejak 2017. Kebijakan pimpinan tentang bantuan ini merupakan aspirasi di satu sisi dan kontrak kerja di sisi lain.

UIN SGD Bandung memiliki 2 (dua) kontrak kerja. Pertama perjanjian kinerja dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI (Kemenag RI) dan kedua kontrak kerja dengan Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum (BLU) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Dirjen Pembendaharaan) Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu RI). Kedua kontrak tersebut mencakup sasaran meningkatnya publikasi di jurnal ilmiah.

Selain itu, UIN SGD Bandung memiliki indicator kinerja utama (IKU) peningkatan publikasi ilmiah menurut Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2015-2019. Saat ini, publikasi ilmiah UIN SGD Bandung telah mencapai 8,020 dokumen index Google Scholar dan 456 dokumen index Scopus. Data ini diperoleh dari laman Sinta (Science and Technology Index) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Selasa, 16/07/2019.

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Pendis Kemenag RI mengarahkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) agar mengalokasikan dana BLU selain dari Bantuan Operasinal Pendidikan Tinggi Negeri (BOPTN). Tahun 2019 UIN SGD Bandung mengalokasikan Rp. 480.000 khusus untuk bantuan konferensi dan menulis artikel. Bantuan ini dikelola oleh Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SGD Bandung.

Bantuan dana menulis paper diaspirasikan oleh akademisi. Kebijakan memberikan stimulan sebagai langkah awal untuk 30 artikel masing-masing Rp. 4.000.000. Puslitpen LP2M UIN SGD bertanggungjawab menyusun manual, prosedur, dan instruksi kerja. Ada 4 (tiga) syarat utama, yaitu pertama pengusul merupakan dosen tidak sedang tugas belajar, kedua melampirkan bahan paper 80% dengan similarity plagiarism minimal 15%, ketiga sasaran publikasi pada jurnal Sinta 2, dan keempat mengikuti agenda peer-review (peninjauan sejawat) di Kelas Menulis Reguler (KMR).

Puslitpen LP2M UIN SGD termasuk bertanggungjawab melaksanakan mekanisme pelaporan penggunaan dana bantuan menulis paper ini. Adapun pemeriksaan dan pengawasan dilakukan oleh Satuan Pemerika Intern (SPI) UIN SGD Bandung.

PPK BLU Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu RI. telah menetapkan dasar penghitungan poin publikasi ilmiah pada jurnal Nasional. Publikasi ilmiah pada jurnal index Sinta 1 score 5 poin, pada jurnal index Sinta 2 score 4 poin, dan pada jurnal index Sinta 3 score 2 poin, Puslitpen LP2M) UIN SGD telah membuat kalkulasi, yakni pada tahun 2019 ini UIN SGD Bandung harus tembus publikasi ilmiah pada jurnal index Sinta 137 paper dengan sebaran 2 paper index Sinta 1 score 10 poin, 35 paper index Sinta 2 score 140 poin, dan 100 paper index Sinta 3 score 200 poin. Total score menjadi 350 poin.

UIN SGD Bandung sebagai satuan kerja (Satker) Pengelolaan Keuangan (PK) BLU melalui Bagian Perencanaan menyusun target score 350 poin publikasi ilmiah pada jurnal terakreditasi Nasional Tahun Anggaran 2019. Target ini terkait dengan peningkatan performa PK BLU UIN SGD Bandung dalam tantangan publikasi ilmiah sebagaimana dihadapi akademisi global.

Sumber Berita
Puslitpen LP2M UIN SGD Bandung
Jl. A.H. Nasution No. 105 Cibiru, Bandung Jawa Barat
Selasa, 16 Juli 2019
×
Berita Terbaru Update