EKSPOSE TERAPI SUFISTIK USHULUDDIN UIN BANDUNG


Ushuluddin mengenalkan terapi sufistik melalui ekspse. Salah satu fakultas di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung ini mengembangkan terapi sufistik. Antara lain hal ini dikenalkan melalui ekspose.



Ekspose terapi sufistik dilaksanakan di Aula Anwar Musaddad UIN SGD Bandung pada 03-05 Desember 2019. Ekspose ini melibatkan para dosen terapis dibantu para asisten dari mahasiswa Ushuluddin. Kegiatan ini didukungan oleh seluruh jurusan di Fakultas Ushuluddin, dan berkolaborasi dengan stakeholders.

Terapi sufistik dikembangkan oleh Jurusan Tasawuf & Psikoterapi. Didukung oleh semua jurusan di Fakultas Ushuluddin. Diawali penelitian materi dasar Islam dan dilanjutkan penelitian materi terapan. Ini dibutuhkan penelitian interdisipliner dari multi-disiplin ilmu.

Secara terfokus dibentuk laboraratorium Syifa al-Qulub. Sasarannya meliputi laboratorium kecil untuk layanan sivitas kampus, laboratorium menengah untuk layanan masyarakat sekitar, dan laboratorium besar untuk layanan masyarakat luas.

Terapi sufistik berfokus untuk layanan kesehatan. Antara lain layanan MHT (Mind Healing Technique) berupa relaksasi energi tubuh, insomnia, dan masalah psikis. Layanan topung (totok punggung) untuk masalah jantung, diabetes, stroke, ginjal, maag, migren, vertigo, dan asam lambung. Layanan terapi seft untuk keluhan fisik, emosi, trauma, kecanduan, dan phobia. Layanan bekam untuk keluhan kolesterol, darah tinggi, lambung, dan sakit kepala.

Selama tiga hari pada ekspose terapi sufistik dibuka layanan. Tercatat 55 orang melakukan konsultasi. Keluhan meliputi pegal-pegal, tidur mendengkur, masuk angin, kolesterol, asam urat dan lain-lain.

Ekspose menjadi sarana efektif untuk mengenalkan terapi sufistik. Pasca pengenalan diharapakan terapi ini mendapat pengakuan secara lebih luas. Lebih jauh lagi bersama mencipta hidup sehat di masyarakat.

(One)

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS