KICK OFF KRS ONLINE FAKULTAS USHULUDDIN UIN BANDUNG





KICK OFF KRS ONLINE FAKULTAS USHULUDDIN UIN BANDUNG



Pendidikan tinggi mendapat tantangan mutu pelayanan akademik. Ini menjadi perhatian Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan akademik. Sebagai wujud komitmen Fakultas Ushuluddin menyelenggarakan “Kick Off KRS Online” di Aula Lantai 4 Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Selasa, 28 Januari 2020.

Agenda ini digelar untuk memastikan seluruh dosen pembimbing memulai melakukan verifikasi dan validasi KRS (Kartu Rencana Studi) secara online. Adapun verifikasi dan validasi dilakukan melalui aplikasi SALAM (Sistem Administrasi Layanan Akademik Mahasiswa) UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Agenda “Kick Off KRS Online” dipimpin oleh Dr. R. Yuli Ahmad Hambali, M.Hum., Wakil Dekan I Bidang Akademik. “Ini untuk menciptakan kultur akademik yang baik di Ushuluddin. Validasi KRS merupakan kewajiban dosen pembimbing. Kita berupaya mengarah pada pelaksanaan kegiatan akademik yang bermutu,” papar Dr. R. Yuli Ahmad Hambali, M.Hum., Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Diketahui bersama bahwa Selasa 28 Januari 2020 merupakan hari terakhir validasi KRS online. “Ini hari terakhir validasi KRS secara online. Jika hari ini KRS online tidak divalidasi oleh dosen pembimbing, berarti mahasiswa tidak bisa mengikuti perkuliahan semester genap. Terima kasih atas kehadiran dosen-dosen pembimbing akademik mahasiswa SAA,” tutur Dr. Dadang Darmawan, MA. Ketua Jurusan Studi Agama-Agama didampingi Dr. Ilim Abdul Halim, S.Ag., MA. Sekretaris Jurusan Studi Agama-Agama.



Agenda “Kick Off KRS Online” merupakan lanjutan dari agenda input nilai secara online yang telah digelar sebelumnya secara serentak. Nilai semester ganjil menjadi basis registrasi mahasiswa untuk menyiapkan KRS semester genap. Sebelumnya, jurusan memastikan input nilai telah tuntas. “Hari ini masa akhir validasi KRS pukul 24.00 WIB. Terimakasih untuk dosen-dosen ILHA yang hadir pada acara validasi KRS online,” tutur Dr. Agus Suyadi Raharusun, Lc., M.Ag. Ketua Jurusan Ilmu Hadis (ILHA) di Group Whatsapp Dosen ILHA UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Dosen-dosen Fakultas Ushuluddin tampak dengan giat serta penuh tanggung jawab melakukan verifikasi dan validasi KRS online. Sebagian dosen tidak dapat hadir pada kegiatan ini karena suatu halangan. Namun dosen-dosen tetap melaporkan progress KRS online. “Mohon maaf saya tidak bisa hadir. Semua KRS mahasiswa yang sudah terdaftar di SALAM sudah divalidasi, terimakasih,” sebagai dilaporkan Dr. Tamami, M.Ag. Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Aplikasi SALAM telah memudahkan korenspondensi dosen dan mahasiswa. “Validasi 1 orang mahasiswa sekitar 2 menit. Dosen biasa membimbing 30-50 orang. Jadi butuh waktu 60-100 menit untuk seorang dosen memvalidasi dan memverifikasi KRS online. Bayangkan kalau itu di-handle oleh staf berarti seorang staf harus meluangkan 20 sampai 40 jam untuk validasi KRS,” tutur Apip Rudianto, M.Pd. operator SALAM Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Maksud “Kick Off KRS Online” untuk bergegas melakukan progress pelayanan mutu akademik. “Seperti bermain football ada kick off peluit wasit yang menandai dimulainya pertandingan. Validasi KRS bukan dilakukan operator melainkan oleh dosen pembimbing. Operator berperan melakukan pendampingan. Ini bermakna sebagai literasi SALAM, dan sekaligus layanan prima untuk mahasiswa,” tegas Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin, saat dikonfirmasi awak media di kantornya, Selasa, 28 Januari 2020.


Hadir pada kegiatan ini para Ketua dan Sekretaris Jurusan, dan para Dosen serta Staf Tata Usaha. Kick Off ini sekaligus sebagai pemberitahuan masa akhir validasi KRS online untuk disampaikan kepada seluruh sivitas akademik Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


(one).



Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS