TENTUKAN TUJUAN PENELTIAN








Peneliti ketika hendak merencanakan sebuah penelitian cobalah memulai dari tujuan penelitian. Mengapa tujuan penelitian didahulukan karena tujuan penelitian merupakan bagian penting dalam pelaksanaan penelitian. Dapat dikatakan di sini, bahwa tugas peneliti adalah memastikan pelaksanaan penelitian tiba sampai tujuan yang direncanakan. 

Sedemikian pentingnya suatu tujuan dalam pelaksanaan penelitian ilmiah, sehingga muncul peraturan dunia ilmiah internasional untuk mencantumkan tujuan penelitian pada setiap paper hasil penelitian. Tentu saja tujuan penelitian hendaknya ditetapkan secara ajeg sejak awal ketika hendak merencanakan sebuah penelitian ilmiah.

Bagian ini merupakan pencermatan terhadap tujuan penelitian. Berbagai tujuan penelitian dapat ditelusuri di artikel-artikel hasil penelitian. Tujuan tersebut biasanya dicantumkan di bagian abstrak. Bagaimana suatu tujuan penelitian ditetapkan, peneliti dapat memeriksanya dari contoh-contoh artikel.   

Adapun contoh tujuan penelitian di bawah ini:

Contoh 1



Contoh 2

Contoh 3

Contoh 4


Mencermati artikel ilmiah untuk mempelajari tujuan-tujuan penelitian pada abstrak artikel jurnal ilmiah silahkan telusuri pada Google Scholar dengan cara Klik Di Sini  










Bandung, 02 Maret 2020
Wahyudin Darmalaksana, FU UIN SGD Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN