INI DIA TIPS LOLOS UJIAN PROPOSAL SKRIPSI

 


 
 




Apa masalah penelitian Anda?
Ingat tidak semua penelitian dilaksanakan karena selalu ada masalah. Hal yang sama tidak semua penelitian selalu bermaksud menyelesaikan masalah. Jika tidak ada masalah spesifik, maka jawablah dengan menyebutkan fokus penelitian atau fokus studi. Misalnya, fokus studi ini pemikiran kalam ideologis dan skripsi ini bermaksud mendeskripsikan hal tersebut melalui sudut pandang sosio-kultur. Paparan itu cukup tanpa menyebutkan benar-benar ada masalah.
 
Apa rumusan masalah penelitian Anda?
Jawab, terdapat pemikiran kalam ideologis menurut sudut pandang sosio-kultur.
 
Bagaimana pertanyaan penelitian Anda?
Pertanyaan utama penelitian ini adalah, bagaimana pemikiran kalam ideologis menurut sudut pandang sosio-kultur? Sedangkan rinciannya ialah, bagaimana tinjauan kalam, ideologi, dan sosio-kultur?
 
Apa tujuan penelitian ini?
Penelitian ini bertujuan membahas pemikiran kalam ideologis menurut sudut pandang sosio-kultur.
 
Apa manfaat dan kegunaan penelitian ini?
Melihat kalam dari sudut pandang berbeda dan menambah kepustakaan.
 
Bagaimana tinjauan pustaka?
Umumnya penelitian terdahulu melihat kalam murni sebagai pembahasan teologis. Adapula penelitian yang membahas kalam ideologis tetapi dari sudut pandang politik. Skripsi ini berusaha melihatnya sebagai fakta ideologis dengan meminjam sudut pandang sosio-kultur.
 
Bagaimana kerangka berpikir penelitian ini?
Kalam sejatinya merupakan pembahasan teologi dalam Islam. Ini bisa dilihat sejak awal pembentukan hingga perkembangannya. Ia kemudian bergeser menjadi semacam ideologi bergantung sudut pandang yang digunakan. Sudut pandang sosio-kultur digunakan untuk mendeskripsikan pergeseran kalam dari teologi ke ideologi.
 
Bagaimana metode penelitian Anda?
Ini jenis kualitatif melalui studi pustaka untuk menyingkap literatur, baik utama (primer) maupun pendukung (skunder). Penelitian ini juga menerapkan studi lapangan melalui wawancara mendalam pada beberapa tokoh. Data pustaka dan lapangan disajikan, diabstraksikan sebagai fakta ideologis, dan diintrepretasi dengan sudut pandang sosio-kultur hingga terbentuk pengetahuan. Terakhir ditarik kesimpulan dan rekomendasi.
 
Bagaimana sistematikan penulisan penelitian ini?
Sebagaimana alur logika pada diagram kerangka berpikir. Diawali pendahuluan, tinjauan teoritis, sajian temuan penelitian, pembahasan (diskusi, dialog), dan kesimpulan.
 
Bagaimana daftar pustaka?
Diambil dari buku babon, artikel-artikel jurnal mutakhir, dan data wawancara.
 
 
Melalui struktur jawaban-jawaban di atas, dipastikan lulus ujian proposal skripsi. Raih surat keterangan judul skripsi, laksanakan penelitian atau penelaahan, ujian skripsi –bisa dalam bentuk artikel ilmiah, dan Wisuda.
 
 
Bandung, 11 Desember 2020
Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN