Penelitian materi dasar dengan studi lapangan

 





 
Penelitian jenjang S1 bidang materi dasar berupa deskripsi. Materi dasar adalah kumpulan teori. Materi dasar dibedakan dengan materi terapan. Materi terapan ialah kumpulan penerapan. Penelitian jenjang S1 bidang materi terapan berupa pencarian suatu masalah bagi pemecahan lebih lanjut (“research and development”). Deskripsi adalah penjelasan mengenai subjek.
 
Contoh masalah penelitian materi dasar dalam bentuk pertanyaan, misalnya bagaimana mushaf Alquran menurut kronologi nuzul ayat Makiyah dan Madaniyah? Contoh masalah penelitian materi terapan dalam bentuk pertanyaan, misalnya bagaimana pemasaran buku yang efektif?
 
Berkaitan dengan pertanyaan di atas, peminat materi dasar jenjang S1 bertugas mendeskripsikan. Yakni, deskripsi mushaf, nuzul, Makiyah, dan Madaniyah. Deskripsi tersebut diambil dari sumber-sumber kepustakaan, disebut studi pustaka. Jika deskripsi tersebut dibutuhkan dari sumber-sumber lapangan, maka studi pustaka ditambah dengan studi lapangan. Berarti peneliti terjun ke lapangan untuk mencari di mana ada mushaf itu, siapa yang menyusunnya, apa alasan penyusunannya, kapan dimulai menyusunnya, bagaimana metode penyusunannya, dan lain-lain. Ketika terjun ke lapangan, hal yang dilakukan adalah pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian materi dasar jenjang S1 cukup menerapkan jenis penelitian kualitatif. Kasus ini berarti penelitian kualitatif melalui studi pustaka dan studi lapangan.
 
Tugas peneliti materi dasar dengan jenis penelitian kualitatif melalui studi Pustaka dan studi lapangan berarti menghimpun data pustaka dan data lapangan. Kedua data ini kemudian dideskripsikan sampai ditarik sebuah kesimpulan. Itulah penelitian materi dasar jenjang S1 jenis kualitatif melalui studi pustaka dan studi lapangan.
 
Bandung, 24 Januari 2021
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN