Pengelolaan Publikasi Ilmiah Fakultas Ushuluddin UIN Bandung

 


 
 
 
Publikasi ilmiah menjadi tantangan bagi akademisi. Akademisi harus melakukan penelitian, memformulasikan hasil penelitiannya, ditulis dalam bentuk artikel ilmiah, dan pada gilirannya harus mempublikasikan artikel tersebut di jurnal ilmiah.
 
Semua pihak di pendidikan tinggi menghadapi tantangan publikasi ilmiah. Menghadapi tantangan ini dibutuhkan suatu pengelolaan. Bagaimana pengelolaan publikasi ilmiah di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
Mengelola Makalah
Mahasiswa memiliki tugas membuat makalah. Makalah dibuat menurut standar artikel jurnal. Makalah dikelola oleh Dosen dan Mahasiswa dari perkuliahan. Standar minimal makalah adalah penerapan aplikasi pengutipan, kerapian, dan cek plagiasi maksimum similarity 20%. Sasaran publikasi makalah yaitu jurnal reguler dan jurnal seri konferensi. Makalah terpilih dikirim ke jurnal reguler dan sebagiannya lagi disertakan di kegiatan konferensi bagi kepentingan ulasan konten.
 
Mencari Sasaran Publikasi
Sasaran publikasi ada dua, yaitu jurnal reguler dan jurnal seri konferensi. Sasaran publikasi meluputi jurnal di dalam negeri dan di luar negeri. Jurnal di lingkungan sendiri akan memuat artikel akademisi internal secara terbatas. Mengingat aturan tiap jurnal hanya mengakomodasi 30% naskah dari akademisi internal. Karena itu, pencarian sasaran publikasi lebih diarahkan ke jurnal eksternal. Selanjutnya dilakukan pengiriman naskah ke jurnal sasaran publikasi.
 
Partisipasi Konferensi
Melibatkan akademisi di kegiatan konferensi, baik nasional maupun internasional. Diutamakan artikel kemitraan antara Dosen dan Mahasiswa. Artikel dipresentasikan di konferensi, mendapat ulasan dari audiens, diperbaiki dan dikirim ke jurnal seri konferensi, mendapat ulasan dari penelaah, dilakukan perbaikan kembali, dan diterbitkan. Mahasiswa dilibatkan paling dominan di dalam kepesertaan konferensi minimal presentasi kelas untuk target publikasi di jurnal seri konferensi.
 
Mengadakan Kelas Menulis
Kelas Menulis diselenggarakan sebagai pusat bantuan penulisan artikel ilmiah. Utamanya penguatan skill meliputi latihan penulisan sesuai struktur artikel, latihan penggunaan aplikasi pengutipan, latihan paraphrase, latihan pengiriman naskah, dan latihan korespondensi di open journal system (OJS). Di Kelas Menulis disiapkan ahli kepenulisan. Di Kelas Menulis dipastikan peningkatan kualitas tulisan, sukses penulisan sampai tuntas, dan berhasil publikasi di jurnal ilmiah.
 
Mengelola Jurnal Ilmiah
Jurnal ilmiah merupakan pusat rujukan penelitian. Di jurnal ilmiah tersedia ide-ide, pandangan, dan temuan baru. Pengembangan keilmuan dirujuk dari jurnal ilmiah. Bahan ajar diambil dari jurnal ilmiah. Pengelolaan jurnal ilmiah menggambarkan sebuah ikhtiyar pengelolaan pengetahuan yang hendak di kembangkan di lingkungan jurusan dan fakultas. Sehingga masing-masing jurusan mengemban tugas melakukan penguatan jurnal bidang keilmuan. Jurnal ilmiah dirujuk dan dikembangkan dalam penulisan tugas akhir mahasiswa.
 
 
Bandung, 26 Januari 2021
Wahyudin Darmalaksana, Akademisi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

LATIHAN MENYUSUN PETA KONSEP PENELITIAN SKRIPSI