Contoh Sederhana Judul Penelitian Skripsi Bidang Ilmu Hadis

 



 
 
Gambar di atas adalah contoh sederhana judul penelitian Skripsi bidang Ilmu Hadis. Judul penelitian pasti mewakili tujuan dan isi penelitian. Contoh judul di atas adalah Hadis tentang Iman dengan Metode Syarah Perspektif Teologi.
 
Pada contoh judul di atas sengaja kata Hadis didahulukan sebagai subjek penelitian yang menegaskan kepada pembaca bahwa orang yang melakukan penelitian ini adalah peminat konsentrasi bidang hadis dari Jurusan Ilmu Hadis.
 
Sedangkan kata Iman ialah topik penelitian yang akan diteliti atau dibahas oleh peneliti. Suatu pembahasan atau penggalian pasti membutuhkan metode. Dalam contoh di atas juga sengaja menampilkan Metode Syarah sebagai salah satu metode dalam disiplin ilmu hadis klasik yang sekaligus menunjukan keahlian peneliti sebagai peminat konsentrasi bidang hadis pada Jurusan Ilmu Hadis.
 
Suatu pembahasan dengan metode saja tidak cukup sehingga dibutuhkan perangkat analisis. Kegunaan analisis mencakup beberapa hal. Pertama, agar pembahasan penelitian menjadi lebih fokus. Kedua, agar pembahasan penelitian memiliki kedalaman. Ketiga, agar peneliti dapat menarik sebuah kesimpulan yang spesifik.
 
Ketika peneliti bertujuan akan membahas hadis tentang iman, maka perlu dicarikan perangkat analisis yang tepat berkenaan dengan topik tersebut. Maka pembahasan tentang iman cocok diterapkan perspektif teologi. Apabila ingin lebih spesifik lagi maka perspektif teologi Asy’riyah misalnya. Teologi sendiri adalah rumpun ilmu dasar Islam yang memiliki kedekatan dengan hadis dan ilmu hadis karena serumpun. Analisis dapat disebut pula perspektif atau pendekatan. Pembahasan hadis tentang iman relevan digunakan pendekatan teologis. Sebab topik tentang iman merupakan subjek pembahasan bidang teologi Islam.
 
Mula-mula peneliti akan menyoroti hadis tentang iman dari Kitab Hadis. Lalu dilakukan syarah dari rujukan kitab-kitab klasik. Terakhir, hasil syarah tersebut akan dianalisis dengan pendekatan atau perspektif teologi Islam hingga diambil sebuah kesimpulan.
 
Demikian, contoh judul skripsi yang sederhana ini semoga bermanfaat bagi khalayak.
 
 
Bandung, 25 Februari 2021
Wahyudin Darmalaksana, Akademisi Bidang Ilmu Hadis pada Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN