Fakultas Ushuluddin UIN Bandung Siapkan Daya Saing Pendidikan Tinggi, Dekan: Usulkan Penguatan Penulisan Makalah





Pendidikan tinggi memiliki tantangan daya saing. Sekaligus juga tantangan Covid-19.

Persiapan kuliah semester genap digelar oleh Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jumat, 26 Februari 2021. Agenda ini mengambil fokus penguatan daya saing.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan, menyampaikan beberapa hal. Masyarakat akademik sepakat untuk tidak memberikan tugas yang terlalu berat kepada mahasiswa di masa pandemi Covid-19.

Dia mengarahkan bila ada penugasan makalah, maka diharapkan penulisannya mengacu pada template Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin. Juga mengharapkan agar penggunaan aplikasi pengutipan disosialisasikan untuk seluruh mahasiswa. 

Keluaran mata kuliah memungkinkan berupa makalah yang diterbitkan di jurnal conference series. Ini bisa berupa makalah individu atau makalah kelompok. Makalah harus memperhatikan kerapian dan terhindar dari plagiasi maksimum similarity 20%.

Menurutnya, agar mahasiswa tidak terbebani oleh tugas, maka memungkinkan satu makalah berlaku bagi dua sampai tiga mata kuliah yang relevan. Dosen mata kuliah terkait bertugas mereviu makalah dan memberikan penguatan substansi isi. Targetnya adalah mahasiswa memiliki pengalaman menerbitkan makalah selama masa kuliah.

Menurutnya lagi, template Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin telah distandarkan untuk hasil penelitian mini mahasiswa. Bila masih terlalu tinggi, maka standarnya bisa diturunkan lagi menurut dosen pengampu mata kuliah.

Beberapa mahasiswa telah berhasil publikasi makalah di jurnal ilmiah. Mereka dapat diperankan menjadi asisten dosen untuk membatu teman-temannya dalam publikasi makalah.

Penulisan makalah yang diterbitkan di jurnal ilmiah menjadi pengalaman mahasiswa dalam menghadapi penulisan tugas akhir. Dekan percaya, mahasiswa pasti bahagia bila makalahnya terbit di jurnal ilmiah. Dan pasti hal itu menjadi pengalaman berharga.

Dekan juga yakin mahasiswa pasti menguasai substansi isi makalah. Sebab, substansi isi pasti melekat pada struktur penulisan makalah.


Dr. Radea Yuli Ahmad Hambali, M.Hum., Wakil Dekan I, menyatakan agar e-knows dimanfaatkan secara maksimal dan semoga penulisan artikel ilmiah minimal makalah menjadi keunggulan dan daya saing Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dr. M. Ali Masrur, M.Ag., Wakil Dekan II, memaparkan berbagai ketentuan administrasi. Dan Dr. Muhlas, M.Hum., Wakil Dekan III, mengatur jalannya acara.

Dr. Irma Riyani, P.hD., Ketua Laboratorium, siap mensosialisasikan penggunaan aplikasi pengutipan dan melakukan kampanye pencegahan plagiasi. Sejalan dengan ini, para dosen memberikan pandangan berkenaan dengan daya saing. Seperti dinyatakan oleh Drs. Tamami, M.Ag., Dr. Rifki Rosyad, MA., Dr. Wawan Hernawan, M.Ag., dan Dr. Neng Hannah, M.Ag. Semuanya berkomitmen meningkatkan mutu akademik bagi daya saing pendidikan tinggi.

Sebanyak 65 dosen ikut bergabung dalam kegiatan daring ini. Acara dilangsungkan dari Studio Fakultas Ushuluddin, Jalan AH. Nasution 105 Bandung (Y).

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN