Skripsi Bidang Ilmu Dasar Tidak Perlu Ada Masalah Cukup Fokus Studi

 






Seperti sudah menjadi anggapan umum bahwa masalah adalah kesenjangan antara keharusan dan kenyataan. Namun, penulisan latar belakang dan masalah yang seperti itu berarti menganut mazhab sosiologi terapan. Memang bidang sosiologi ini bermaksud menyelesaikan kesenjangan.
 
Latar belakang dan masalah untuk skripsi bidang ilmu dasar (seperti ilmu hadis) tidak perlu berangkat dari adanya kesenjangan. Sebab, skripsi bidang ilmu dasar tidak dituntut menyelesaikan kesenjangan. Terlalu berat bila skripsi bidang ilmu dasar bertujuan menyelesaikan kesenjangan.
 
Ada kalanya pula suatu kesenjangan diungkapkan secara menghukumi. Maka terjadilah dua kesalahan. Pertama, menghukumi sesuatu untuk menentukan problem penelitian. Ini karena anggapan bahwa penelitian selalu harus berangkat dari problem atau masalah. Kedua, pembahasan penelitian skripsi kenyataanya tidak selalu menyelesaikan problem. Tentunya penyelesaian problem menuntut ketajaman analisis di bagian pembahasan.
 
Skripsi bidang ilmu dasar tidak harus ada problem tetapi cukup fokus studi. Dalam segala hal pasti selalu ada celah yang dapat dijadikan fokus studi. Skripsi bidang ilmu dasar bertugas mendeskripsikan fokus tersebut. Keluasan deskripsi akan bergantung metode yang digunakan. Metode berperan sebagai pembatasan atau membatasi deskripsi. Kedalaman deskripsi akan berpulang pada penerapan perspektif (pendekatan atau analisis). Terkadang kedalaman pembahasan bagi skripsi cukup dengan menerapkan analisis isi (conten analysis).
 
Ada banyak hal yang bisa dideskripsikan oleh skripsi bidang ilmu dasar tentang fokus sesuatu bergantung metode dan perspektif tanpa latar belakang dan masalah sebagaimana dianjurkan oleh mazhab sosiologi terapan. Misalnya, bagaimana transmisi hadis di Kufah.


Wahyudin Darmalaksana, Pengampu Ilmu Hadis pada Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gnung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

LATIHAN MENYUSUN PETA KONSEP PENELITIAN SKRIPSI