Cara Meneliti dan Menulis hasilnya

 



 
Meneliti harus punya celah. Buat daftar pertanyaan. Telusuri sumber rujukan. Jika pertanyaan itu belum dijawab dengan memuaskan oleh para peneliti terdahulu, maka di situ celah penelitian.
 
Celah penelitian harus terumuskan. Bisa dalam bentuk kalimat asumsi atau hipotesis. Ajukan satu pertanyaan utama tunggal. Tentukan tujuan penelitian. Serta apa manfaat bagi pengguna hasil penelitian.   
 
Apa yang telah dibahas oleh para peneliti terdahulu. Apa jenis penelitian, metode, dan pendekatan analitis. Bagaimana hasil dan pembahasan. Apa kesimpulan mereka. Ini merupakan tinjauan pustaka.
 
Meneliti juga mesti ada pangkal dan ujung. Bagian awal, tengah, dan akhir. Seperti piramida terbalik, yakni atas, tengah, dan bawah. Ini disebut kerangka berpikir.
 
Tetapkan jenis penelitian apakah kualitatif ataukah kuantitatif. Penelitian pasti mengolah data. Menurut KBBI, data adalah keterangan yang benar dan nyata.
 
Mengolah data dibutuhkan metode yang tepat. Metode ialah skenario dalam pengolahan data. Melalui metode maka pengolahan data akan menghasilkan temuan.
 
Temuan harus diinterpretasi melalui analisis yang relevan. Atau melalui pendektan yang tepat. Interpretasi terhadap temuan maka menghasilkan pengetahuan.
 
Giliran menjawab pertanyaan penelitian. Mula-mula satu pertanyaan utama tunggal. Tetapi diperinci menjadi beberapa pertanyaan sesuai kebutuhan kerangka berpikir.
 
Pastikan seluruh pertanyaan telah terjawab. Rumusan, asumsi, atau hipotesis terbukti. Penelitian telah sampai pada tujuan penelitian. Dan manfaat dapat dirasakan.
 
Di pembahasan dialogkan antara temuan penelitian dan tinjauan pustaka. Sebutkan pula implikasi penelitian bagi keilmuan lain.
 
Kesimpulan adalah natijah dari pembahasan. Sebutkan manfaat penelitian dan keterbatasan penlitian bagi studi lebih lanjut.
 
 
Bandung, 14 April 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

60 Ranking Perguruan Tinggi Di Indonesia