Ekspose Hasil Riset: Hubungan Tipe Kepribadian dengan Tingkat Kesabaran Mahasiswa dalam Kuliah Online

 

 
Kuliah online di masa Covid-19 mendatangkan spekulasi. Artikel Wahyudin Darmalaksana, R. Yuli Ahmad Hambali, Ali Masrur, dan Muhlas (2020), berjudul “Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemi Covid-19,” menyimpulkan bahwa pembelajaran online pada masa Work from Home (WFH) akibat penyebaran Covid-19 di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung terbukti efektif dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Riset ini menerapkan pendekatan partisipatoris.
 
Sontak sejumlah peneliti meragukan kesimpulan di atas. Antara lain Nurul Dewiyana Azizah berusaha menolak temuan Wahyudin Darmalaksana, Dkk. Ia mengajukan hipotesis bahwa kuliah online pasti memiliki dampak terhadap kesabaran bergantung tipe kepribadian mahasiswa. Nurul Dewiyana Azizah (2021) melaksanakan penelitian berjudul “Hubungan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dengan Tingkat Kesabaran Mahasiswa dalam Sistem Kuliah Online.” Ini merupakan studi lapangan pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2017 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
Jumlah seluruh sampel dalam penelitian tersebut 90 orang. Pengolahan data dalam penelitian ini digunakan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS).
 
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang nyata antara tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dan tingkat kesabaran Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menjalani kuliah online. Temuan penelitian menunjukan nilai p-value 0,157 > α (0,05). Kepribadian dengan tingkat kesabaran paling tinggi adalah koleris (141,1), disusul kepribadian melankolis (132,1), kepribadian sanguinis (130,3), dan kepribadian phlegmatis (129,6). Tingkat kesabaran Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menjalani kuliah online berada dalam kategori sedang dan tergolong baik dengan mean 132,1.
 
Nurul Dewiyana Azizah adalah Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2017 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ia lakukan dalam rangka penyelesaian tugas akhir Skripsi. Mahasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama RI. ini berhasil mempertahankan hasil penelitiannya pada Sidang Munaqasyah, Jum’at, 23 April 2021. Sebagai penguji Munaqasyah hadir Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., Guru Besar Tasawuf UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil riset mahasiswa ini telah berhasil dipublikasikan di jurnal terkareditasi Nasional, Perspektif, Rabu, 09 Juni 2021 [Widodo].
 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

60 Ranking Perguruan Tinggi Di Indonesia