PROPOSAL PENELITIAN SAMA DENGAN PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

 

 
Proposal penelitian adalah rencana penelitian tentang suatu topik dengan menggunakan asumsi dasar teori, menerapkan metode, dan menyertakan perangkat analisis tertentu. Sama dengan proposal penelitian, pendahululuan artikel ilmiah ialah rencana pembahasan tentang suatu topik dengan menggumakan asumsi dasar teori, menerapkan metode, dan menyertakan perangkat analisis tertemtu. Jelas tidak ada perbedaan antara proposal penelitian dan pendahuluan artikel ilmiah.
 
Komponen proposal penelitian meliputi latar belakang dan masalah, rumusan masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, tinjauan pustaka, kerangka berpikir, metode penelitian, dan sistematika penulisan. Sama dengan proposal penelitian, komponen pendahuluan artikel ilmiah meliputi latar belakang dan masalah, tinjauan pustaka, kerangka berpikir, rumusan masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, metode penelitian, dan sistematika pembahasan. Dengan demikian, antara proposal penelitian dan pendahuluan artikel ilmiah adalah itu-itu juga.
 
Artikel ilmiah sendiri adalah penulisan hasil penelitian, baik penelitian besar maupun penelitian mini. Penelitian besar biasanya mencakup area of study yang luas dan mendalam serta ditempuh dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan penelitian mini merupakan penelitian "sekelebat" dengan area of study yang tidak terlampau luas serta ditempuh dalam waktu singkat. Namun, susunan penulisan keduanya sama saja dalam arti tidak berbeda. Artikel imiah ialah penulisan hasil penelitian secara tersusun, singkat, padat, to the point, dan sederhana dalam arti menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
 
Proposal penelitian, sebagai rencana pelaksanaan penelitian, bila telah selesai dilaksanakan penelitian, maka akan membuahkan penulisan hasil penelitian. Hasil penelitian biasanya menghasilkan tulisan yang berlembar-lembar dengan halaman yang tebal. Penulisan hasil penelitian mengingat halamannya tebal maka ia lazim diterbitkan menjadi buku hasil penelitian.
 
Tiba di sini, proposal penelitian dan pendahuluan artikel ilmiah, keduanya akan menghasilkan penulisan hasil penelitian. Apabila pendahuluan artikel ilmiah jelas disiapkan untuk membuat hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah, maka proposal penelitian belum tentu hasilnya diarahkan untuk membentuk penulisan artikel ilmiah. Hanya saja artikel ilmiah itu pasti merupakan tulisan dari hasil penelitian, terlepas apakah penelitian besar ataukah penelitian mini.
 
Hal yang ingin ditegaskan di sini adalah, pendahuluan ilmiah dan proposal penelitian itu sama saja. Keduanya tidak ada perbedaan. Para penulis artikel ilmiah menyatakan, pendahuluan artikel ilmiah merupakan hal yang paling tersulit dalam penulisan artikel ilmiah. Hal ini sama bahwa proposal penelitian pun bukan hal yang mudah dibuat dalam merencanakan sebuah penelitian. Sulit bukan berarti tidak bisa diwujudkan, melainkan dibutuhkan permenungan dalam menentukan topik penelitian, mencari teori yang akan digunakan asumsi dasar, dan mentukan metode dan analisis yang akan diterapkan dalam pelaksanaan penelitian.
 
Pastinya, orang yang memiliki proposal penelitian atau pendahuluan artikel ilmiah berarti mereka telah melaksanakan setengah pekerjaaan penelitian. Orang yang memiliki proposal penelitian atau pendahuluan artikel ilmiah mereka berpeluang menyelesaikan pekerjaan penelitian. Pendahuluan artikel ilmiah sudah pasti akan menghasilkan artikel ilmiah. Sedangkan proposal penelitian memungkinkan membuahkan buku hasil penelitian. Hal terakhir ini bisa juga menghasilkan artikel ilmiah sebagai penulisan hasil penelitian yang singkat, padat, to the point, dan sederhana.
 
Bagi mahasiswa jenjang sarjana, penulisan artikel ilmiah menjadi pelatihan bagi penulisan tugas akhir skripsi. Jika Latihan penulisan artikel ilmiah dibiasakan selama masa kuliah, maka dipastikan nanti mereka dimudahkan dalam penyusunan tugas akhir skripsi, terutama penulisan tugas akhir dalam bentuk artikel ilmiah.
 
 
Bandung, 07 Juni 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN