Cara Unggah Dokumen Artikel pada Digital Library


 

Bagaimana cara unggah artikel pada perpustakaan digital (digital library), disingkat “digilib.” Ada dua kategori artikel yang bisa diunggah di digilib, yaitu artikel pre-print dan artikel post print. Pre-print berarti sebelum terbit, sedangkan post print berarti pasca terbit.
 
Penerbitan di jurnal ilmiah merupakan tujuan penulisan artikel. Setelah penulisan artikel selesai biasanya penulis segera mengirim naskah tersebut ke jurnal ilmiah. Akan tetapi, penerbitan artikel di jurnal ilmiah kerap menempuh waktu yang cukup lama. Padahal, penulis boleh jadi ingin artikelnya segera disebarkan agar cepat sampai di khalayak pembaca. Dalam hal ini, penulis dapat menggunggah artikelnya pada fasilitas digilib. Hal demikian ini termasuk kategori pre-print.
 
Seseorang bisa juga menggunggah artikel yang telah terbit di jurnal. Tujuannya mencakup banyak hal. Antara lain menambah daftar kepustakaan pada digilib, mengamankan atau menyelamatkan data, dan boleh jadi sebagai kewajiban yang diterapkan oleh pendidikan tinggi. Apabila artikel yang telah terbit di jurnal diunggah ke digilib berarti termasuk kategori post print.
 
Berikut ini cara unggah artikel, baik pre-print maupun post print.
 

Kunjungi Portal Digilib untuk melakukan login. Jika belum punya akun digilib, hubungi petugas untuk mendaptkan pelayanan. Mula pertama klik login.


Setelah klik login muncul tampilan di atas. Selanjutnya, klik menu New Item.
 

Setelah klik menu New Item muncul tampilan di atas. Berupa Item Type dimana setiap lambang berbintang wajib diisi. Di situ ada banyak Item Type seperti Article, Book Section, Monograph, dan other. Centang salah satu sesuai naskah yang akan diunggah misalnya Article. Lalu klik Next.


Setelah klik Next akan muncul tampilan di atas. Di situ ada dua pilihan, yaitu File atau From URL. Jika pre-print maka klik Choose File yang sebelumnya telah disiapkan berupa PDF pada drive computer. Jika dokumen berupa post print, klik From URL.


Jika file PDF pre-print telah diunggah, pastikan Text muncul pada list.


Jika memilih post print, maka copy http atau alamat penerbitan artikel dan paste pada kolom Capture from URL dan lalu unggah. Lalu klik Next.


Setelah klik Next maka akan muncul tampilan di atas. Pastikan seluruh menu berlambang bintang diisi. Tulis Title (judul) dan tulis Abstract.


Jika kursor ditarik ke bawah maka terdapat Creators. Lagi-lagi pastikan yang lambang bintang diisi. Cantumkan nama penulis dimulai dari nama belakang dan kemudian nama depan serta email. Jika artikel ditulis oleh beberapa orang, cantumkan pada list di bawahnya. Cantumkan pula Fakultas dan Jurusan, hal ini penting untuk menunjukkan afiliasi.


Jika kursor ditarik ke bawah akan muncul tampilan di atas. Di bagian ini cukup perhatikan menu berbintang untuk memastikan pengisian kolom yang berbintang.


Jika kursor ditarik ke bawah akan terlihat tayangan di atas. Bagian ini mencakup kelengkapan data. Jika data tersedia ada baiknya diisi saja. Selanjutnya, klik Next.

 
Setelah klik Next akan muncul tampilan seperti di atas. Subject berarti menunjukkan area of study. Pilih saja yang paling relevan dengan dokumen yang diunggah dan klik Add. Setelah dipastikan memilih Subject, lalu klik Next.

Setelah klik Next akan muncul tampilan di atas. Terakhir, klik Deposit Item Now.


Maka akan muncul seperti tampilan di atas. Di bagian atas ada centang hijau “Item has been deposited.” Berarti unggah dokumen telah sukses. Tunggu petugas untuk melakukan approve dan setelah itu data akan tayang pada digilib.

Ini contoh hasil latihan di atas setelah petugas melakukan approve "Akselerasi Publikasi Ilmiah Mahasiswa: Studi Kasus WPAJ HMJ IAT UIN Sunan Gunung Djati Bandung." Pasca tayang di Digilib biasanya paling lambat setelah 5 hari kerja otomatis terdeteksi pada index Google Scholar.
 
Baca juga tulisan lain tentang digilib sebagai repositori penghimpun tugas makalah mata kuliah. Memang digilib ini banyak sekali manfaatnya termasuk kewajiban unggah laporan skripsi. Selamat mencoba langkah-langkah ini semoga bermanfaat.
 
 
Bandung, 02 Juli 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN