Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 
 


 
Perbincangan akademisi di media Twitter tidak lepas dari Kelas Menulis. Kelas ini di dunia global lebih dikenal dengan Writing Center.
 
Di dunia global, Writing Center berperan sebagai pusat bantuan academic writing. Mahasiswa membuat perjanjian dengan Dosen (Tutor) untuk bertemu di Writing Center. Mahasiswa menyusun naskah artikel melalui pendampingan Dosen.



Academic Writing menjadi salah satu matakuliah di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Matakuliah ini disajikan untuk menopang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagai peneliti pemula.
 
Bahan kajian Academic Writing meliputi pengenalan template artikel jurnal, kerapian dalam penulisan artikel, penggunaan aplikasi pengutipan untuk sitasi dan daftar pustaka, dan pengiriman artikel ke jurnal ilmiah.
 
Sepanjang masa kuliah, mahasiswa akan mengupayakan naskah artikel. Ditinjau oleh Dosen bidang ilmu. Mahasiswa melakukan paraphrase, proofreading, dan swasunting. Hingga naskah artikel dikirim ke jurnal ilmiah.
 
Sehingga mahasiswa akan memiliki pengalaman publikasi ilmiah semasa kuliah. Kelas Menulis turut memastikan mahasiswa memiliki pengalaman publikasi ilmiah sebagai bukti portofolio. Kelas Menulis memastikan mahasiswa mempunyai keterampilan dalam penulisan artikel ilmiah.


Kelas Menulis berperan menyiapkan sumber daya kepenulisan bagi partisipasi di dalam kompetisi. Kelas Menulis bertugas melakukan evaluasi peningkatan kualitas substasi isi artikel.
 
 
Bandung, 03 Januari 2022
Wahyudin Darmalaksana, Pengelola Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH