Persiapan untuk Menulis





 
Setelah kita menentukan jenis desain penelitian yang akan digunakan, tetapi sebelum kita duduk dan mulai mengatur makalah, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan untuk dilakukan agar proses penulisan berjalan lebih lancar.
 
Buat Jadwal
Menyusun jadwal dan mencatat tenggat waktu di kalender pribadi harus menjadi langkah pertama untuk menulis makalah penelitian. Buat jadwal berdasarkan perkiraan sendiri tentang berapa banyak waktu yang diperlukan untuk merenungkan, meneliti, mengatur, dan menulis makalah berdasarkan panjangnya dan keakraban dengan topik umum. Strategi yang membantu adalah bekerja mundur dari saat makalah akhir jatuh tempo.
 
Pilih tanggal tertentu dari langkah-langkah penting di sepanjang jalan tetapi fokuslah pada penetapan tujuan yang realistis, dan kemudian patuhi itu! Pastikan untuk memberi diri kita cukup waktu untuk mencari tahu sumber daya apa yang tersedia untuk kita, untuk mengidentifikasi masalah penelitian untuk diselidiki, untuk memilih dan membaca literatur penelitian yang relevan, untuk menguraikan makalah, untuk mengatur informasi yang akan kita kutip, dan untuk menulis draf pertama dan terakhir [serta langkah-langkah yang diperlukan di antaranya].
 
Mengembangkan kalender tugas pribadi juga akan membantu mengatur waktu kita sehubungan dengan pekerjaan yang ditugaskan di kelas lain.
 
Analisis Tugas
Analisis tugas dengan cermat untuk menentukan apa yang secara spesifik diminta untuk kita lakukan. Cari istilah kunci, topik, bidang studi, dan/atau isu yang dapat membantu kita mengembangkan masalah penelitian yang menarik minat kita. Pastikan kita memahami jenis pekerjaan yang diminta untuk ditulis. Makalah penelitian membahas topik secara mendalam dan mengutip sumber yang kredibel yang berisi bukti yang mendukung perspektif khusus kita. Namun, ada banyak cara yang berbeda proses ini dapat dicapai.
 
Cara profesor meminta kita untuk membingkai analisis dapat mencakup salah satu dari pendekatan berikut:
 
Studi kasus -- menjelaskan implikasi dan karakteristik unik dari masalah penelitian yang kompleks menggunakan satu unit analisis terbatas yang menjelaskan isu-isu kunci tentang masalah [misalnya, organisasi, perilaku dokter di ruang gawat darurat, keputusan mahkamah agung, suatu peristiwa].
Perbandingan - membandingkan dan membedakan dua ide, konstruksi, atau hal-hal nyata satu sama lain.
 
Definisi -- membahas secara mendalam makna budaya dan asosiatif, misalnya, teori politik, proposal kebijakan, atau praktik kontroversial.
 
Deskriptif -- memilih subjek yang kita ketahui dengan baik dan membantu orang lain untuk memahaminya.
 
Evaluatif - mengkaji konsep teoretis, masalah, orang, tempat, atau hal dengan tujuan menilai secara kritis asumsi dasar, ide, perilaku, atau peristiwa.
 
Eksplorasi - mengejar jalur penyelidikan tertentu, seringkali dengan tujuan membuat rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut atau untuk mengadvokasi dan memberikan bukti untuk tindakan spesifik yang akan diambil.
 
Interpretive -- menerapkan pengetahuan teoretis yang diperoleh untuk masalah penelitian tertentu, seperti, situasi bisnis dalam kursus manajemen atau profil kasus psikologis.
 
Narasi -- menulis dari sudut pandang pengalaman, biasanya milik kita sendiri dan ditulis sebagai orang pertama, yang berhubungan dengan masalah penelitian.
 
Persuasif -- mengambil posisi dalam debat ilmiah dan memberikan alasan kepada pembaca berdasarkan bukti yang ada mengapa mereka harus setuju dengan posisi kita.
 
Nota kebijakan -- menulis kalimat faktual pendek tanpa emosi yang merangkum situasi hingga saat ini, mengidentifikasi masalah utama yang menjadi perhatian, memberikan rincian elemen masalah utama ini, dan kemudian merekomendasikan cara mengatasi masalah berdasarkan penelitian tentang topik tersebut.
 
 
Baca Juga Cara Memilih Judul

 
Diambil dari Panduan Penelitian University of Southern California untuk bahan kajian Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
Bandung, 06 Maret 2022
Wahyudin Darmalaksana

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH