Kelas Menulis Gagas Kemah Penulisan Artikel Ilmiah 2022

 

 
 

 
Dilandasi pemikiran akan pentingnya publikasi ilmiah, para akademisi memandang perlu diselenggarakan kemah Nasional penulisan artikel ilmiah. Gagasan ini muncul di dalam acara Academic Writing Class.
 
Academic Writing Class diselenggarakan oleh Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berkerjasama dengan Sentra Publikasi Ilmiah. Acara dilaksanakan secara daring pada tanggal 10-12 Mei 2022. Selanjutnya, finalisasi penulisan artikel akan dilaksanakan melalui Writing Camp atau “Kemah Penulisan” dengan menerapkan strategi Writing Sprints dimulai pada Juni 2022.  


Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., MT., Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia membuka kegiatan Academic Writing Class. “Ketika bangsa yang sangat besar hari ini tengah membangun sebuah peradaban maka artefak-artefak pemikiran jadi bagian penting dari sebuah penyelenggaraan pendidikan dan pada dasarnya kalau kita berkaca pada berbagai definisi bahwa sumber dari pembangunan peradaban adalah penelitian dimana penelitian,” ungkap Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., MT.
 
“Jadi secara prinsip hari ini kita ingin melakukan sebuah pendalaman terhadap proses penelitian yang bertujuan untuk menabang, menemukan, menginterpretasi dan merevisi sebuah kebenaran-kebenaran yang sifatnya relatif karena kebenaran dalam berbagai perspektif kerapkali bergeser dari dinamika perkembangan ilmu pengetahuan,” ungkapnya lagi.
 
“Misalnya di bidang pendidikan dulu fokus utama dalam penyelenggaraan pendidikan yang dipandang efektif adalah Project Based Learning dan sekarang sudah sudah mulai bergeser ke High Order Thinking Skill, ini menandakan bahwa kebenaran-kebenaran yang selama ini boleh jadi dia bergeser,” sambungnya.


“Sifat penelitian itu dia memiliki kebenaran objektif di mana penelitian dalam konsep ini disebut sebagai suatu pemikiran yang sistematis yang mengkaji berbagai jenis masalah dan pemecahannya yang memerlukan pengumpulan data dan penafsiran fakta-fakta. Penelitian harus bersifat terbuka artinya bisa dipakai oleh siapapun ketika orang melakukan hal yang sama dengan hasilnya sama, jadi penelitian merupakan suatu cara yang sistemik yang bertujuan untuk meningkatkan, memodifikasi, dan mengembangkan pengetahuan sehingga dapat disampaikan dan dikomunikasikan serta diuji oleh peneliti lain,” papar Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., MT.


“Tentu saja publikasi ilmiah harus memenuhi kaidah ilmiah yaitu dia jelas, akurat, tidak ambigu, ringkas, dan hal yang tak boleh ditinggalkan adalah etika penulisan dan penyusunan publikasi ilmiah pada umumnya dilakukan melalui berbagai tahapan evaluasi beberapa kali dari berbagai ahli sesuai dengan bidang keilmuannya untuk mencapai hasil publikasi ilmiah dengan objektivitas yang tinggi,” paparnya lagi.
 
“Sebuah perkembangan ilmuan hanya bisa dikawal apabila artefak-artefak atau dokumen-dokumennya terdokumentasi dengan baik-baik pada media media buku artikel ilmiah dan lain sebagainya dan harapan saya semuanya dirancang bangun untuk diarahkan pada media online,” pungkasnya.


Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung menegaskan tentang pentingnya penyelenggaraan Academic Writing Class. “Baru-baru ini kami telah memulai pelaksanaan kebijakan Rektor tentang kelas kepenulisan artikel bagi kalangan dosen,” ungkap Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. mewakili Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
“Kegiatan penulisan akademik dan publikasi ilmiah harus dilaksanakan di masing-masing fakultas dan terlebih lagi lintas pendidikan tinggi untuk meningkatkan produktivitas akademisi. Saya sangat menyambut baik kegiatan sekarang ini yang telah selaras dengan kebijakan Rektor. Melalui kegiatan ini diharapakan terwujud peningkatan publikasi ilmiah di tiap pendidikan tinggi,” pungkasnya.  


Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., penanggungjawab kegiatan Academic Writing Class menyampaikan tujuan kegiatan. “Kegiatan ini bertujuan untuk menulis artikel bagi sasaran publikasi ilmiah, baik melalui konferensi maupun pengiriman artikel ke jurnal ilmiah,” ungkap Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. sekaligus Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Materi kegiatan di antaranya literasi pedoman penelitian, penyusunan proposal penelitian, dan penulisan artikel ilmiah. Acara berlangsung tanggal 10 Mei 2022 pembukaan dan literasi pedoman penelitian, tanggal 11 Mei 2022 penulisan proposal penelitian, tanggal 12 Mei 2022 penyajian modul penulisan artikel ilmiah. Adapun agenda lanjutan adalah Writing Sprints melalui Writing Camp yang akan dimulai secara bergelombang.


Peserta Academic Writing Class mencapai 189 orang mencakup dosen, mahasiswa, guru, dan praktisi professional. Asal institusi peserta di bawah ini:
 
IAI As'adiyah Sengkang
IAIN Bukittinggi
IAIN Kendari
IAIN Kudus
IAIN Manado
IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Institut Madani Nusantara
Institut PTIQ Jakarta
Institut Teknologi Nasional
Sekolah Tinggi Alkitab Jember
Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten
STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta
STAI YAMISA Soreang
STIPAK Malang
STMIK Triguna Dharma Medan
UIN Alauddin Makassar
UIN Imam Bonjol Padang
UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
UIN Raden Fatah Palembang
UIN Sultan Syarif Kasim Riau
UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
UIN Suanan Ampel Surabaya
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
UIN Walisongo Semarang
Universitas Islam Nusantara
Universitas Kartamulia
Universitas Mpu Tantular
Universitas Padjajaran
 
Peserta Academic Writing Class 2022 dikonsentrasi dalam grup WhatsApp untuk penyajian teknis penulisan artikel dan Writing Camp. Seluruh pesera melaksanakan tahapan penulisan yang akan ditempuh melalui Writing Sprints untuk finalisasi penulisan artikel, Sabtu, 14/05/2022 [FU].
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH