-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bersama Mahasiswa Belajar Meningkatkan Kompetensi

Monday, June 26, 2023 | 11:30:00 AM WIB Last Updated 2023-06-26T05:14:55Z
 


 

Kami mengerti kompetensi mahasiswa melalui Kelas Menulis. Sebuah kelas untuk pelatihan penulisan artikel ilmiah. Kami mengerti karena di situ mahasiswa ditempa.
 
Motivasi awal sederhana yaitu sosialisasi penulisan skripsi. Saat itu, tepatnya tahun 2020 terbit "Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung."
 
Pedoman itu menampilkan beberapa ketentuan baru. Antara lain ketentuan struktur penulisan, ketentuan sitasi (citation), dan ketentuan daftar pustaka. 
 
Struktur penulisan menerapkan mazhab baru, yaitu IMRAD (Introduction, Method, Results, and Discussion). Sitasi atau pengutipan menerapkan bodytext yang aturan sebelumnya sistem fotenote. Daftar Pustaka menerapkan APA (American Psychological Association) Style.
 
Bagi kemudahan sosialisasi dan sekaligus pendampingan, terbersitlah untuk membentuk Kelas Menulis.  Lalu didirikanlah Kelas Menulis di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020. 
 
Sejujurnya, Kelas Menulis ini meniru Writing Center di sejumlah pendidikan tinggi maju di luar negeri. Di tempat asalnya Writing Center berperan untuk membantu mahasiswa dalam peningkatan skills (keterampilan) academic writing (penulisan akademik).
 
Sesuai pedoman resmi, Kelas Menulis menyiapkan modul. Modul ini digunakan untuk acuan mahasiswa dalam latihan penulisan artikel ilmiah. Saat yang sama pada umumnya jurnal ilmiah menerapkan struktur IMRAD untuk ketentuan penulisan artikel ilmiah.
 
 

 
Mula-mula mahasiswa latihan penulisan introduction (pendahuluan) mencakup bagian-bagian yang ada di dalamnya. Termasuk bagian metode penelitian yang terpisah dari bagian pendahuluan. Bagian pendahuluan dan bagian metode penelitian ini dipahami sebagai proposal penelitian, halnya proposal skripsi.
 
Selebihnya, mahasiswa latihan penulisan results (hasil penelitian), discussion (pembahasan), dan penarikan kesimpulan. Dari situ, terlatihlah mahasiswa dalam penulisan hasil penelitian.
 
Selain itu, mahasiswa melaksanakan pelatihan teknik sitasi dan pembuatan daftar pustaka. Untuk hal ini digunakan perangkat manajemen referensi khususnya Mendeley. Tak pelak lagi, Mendeley sudah cukup populer di lingkungan mahasiswa sekarang ini.
 
Tiba di sini, mahasiswa mengerti bahwa skripsi tidak lain artikel ilmiah ketika dipadatkan. Saat timbul wabah Covid-19, Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan edaran yang intinya mahasiswa boleh menyelesaikan sarjana dengan tugas akhir artikel ilmiah.
 
Kelas Menulis mencanangkan 1000 publikasi ilmiah mahasiswa sampai Tahun 2023. Sampai 25 Juni 2023, capaian publikasi ilmiah mahasiswa telah melampaui target sebanyak 1022 artikel. Pencapaian target ini utamanya dilaksanakan melalui kemitraan antara dosen dan mahasiswa.
 
 
 
Sebelah kiri Hidayatul Fikra Fasilitator sebelah kanan Fitriani Co-Fasilitator


 
Saat ini, Kelas Menulis dikelola mandiri oleh mahasiswa, dan tentu sebagiannya telah menjadi alumni. Mereka melaksanakan pelatihan antar-sebaya. Sejumlah alumni lanjut studi S2 (magister) di beberapa pendidikan tinggi yang sekaligus mendapat tugas untuk mengembangkan modul Kelas Menulis.
 
Sambutan dunia eksternal ternyata luar biasa hingga berdiri Kelas Menulis di beberapa pendidikan tinggi. Lalu para aktivis literasi ini bergabung dalam komunitas Kelas Menulis Nusantara.
 
Alhasil melalui Kelas Menulis ini kami mengerti kompetensi mahasiswa. Tampak mahasiswa memiliki kekuatan masing-masing dalam penulisan artikel ilmiah. Mereka saling mengasah, mengembangkan, dan mengadakan pelatihan. 
 
"Jujur di sini saya banyak belajar dari mahasiswa. Belajar bagaimana mahasiswa berusaha meningkatkan kompetensi. Belajar bagaimana mahasiswa sukses, berhasil, dan berpretasi" [].
 
 
Bandung, 25 Juli 2023
Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 
×
Berita Terbaru Update