Latihan menulis
artikel ilmiah bagi pemula tidak ada cara yang paling efektif kecuali melalui pendampingan
tahap demi tahap. Cara ini dilakukan oleh fasilitator Kelas Menulis yang
didirikan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mahasiswa
jenjang sarjana (S1) merupakan kategori pemula dalam penulisan artikel ilmiah.
Penulisan artikel ini diarahkan bagi kebutuhan publikasi di jurnal ilmiah.
Kelas Menulis
telah berusaha menggunakan berbagai cara tetapi cara inilah yang paling efektif
yaitu pendampingan tahap demi tahap. Sebelumnya, Kelas Menulis menyiapkan modul
menyangkut struktur penulisan artikel yang di dalamnya meliputi prosedur
penulisan sejak tahap 1 sampai tahap 11.
Mahasiswa
mengerjakan tahapan sesuai modul, lalu fasilitator melakukan review per
tahap. Melalui cara ini praktis keterampilan penulisan artikel ilmiah terus
meningkat pada setiap tahapannya.
Fasilitator
Kelas Menulis yang melakukan pendampingan secara intensif di antaranya Muhammad
Yoga Firdaus, M.Ag., Hidayatul Fikra, M.Psi., Susanti Vera, M.Ag., dan
Fitriani, S.Ag.
Meskipun pendampingan
tahap demi tahap dinilai paling efektif, namun cara ini diakui sangat
melelahkan, sangat menguras energi. Sehingga perlu ditemukan cara lain yang
lebih menekankan kemandirian di lingkungan pemula dalam pelatihan penulisan
artikel ilmiah [Gifari].