-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kelas Menulis Terus Menggali Cara Paling Efektif dalam Latihan Penulisan Artikel Ilmiah

Saturday, March 30, 2024 | 10:51:00 PM WIB Last Updated 2024-03-30T15:51:14Z

 


 

 

Latihan menulis artikel ilmiah bagi pemula tidak ada cara yang paling efektif kecuali melalui pendampingan tahap demi tahap. Cara ini dilakukan oleh fasilitator Kelas Menulis yang didirikan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
Mahasiswa jenjang sarjana (S1) merupakan kategori pemula dalam penulisan artikel ilmiah. Penulisan artikel ini diarahkan bagi kebutuhan publikasi di jurnal ilmiah.
 
Kelas Menulis telah berusaha menggunakan berbagai cara tetapi cara inilah yang paling efektif yaitu pendampingan tahap demi tahap. Sebelumnya, Kelas Menulis menyiapkan modul menyangkut struktur penulisan artikel yang di dalamnya meliputi prosedur penulisan sejak tahap 1 sampai tahap 11.
 
Mahasiswa mengerjakan tahapan sesuai modul, lalu fasilitator melakukan review per tahap. Melalui cara ini praktis keterampilan penulisan artikel ilmiah terus meningkat pada setiap tahapannya.
 
Fasilitator Kelas Menulis yang melakukan pendampingan secara intensif di antaranya Muhammad Yoga Firdaus, M.Ag., Hidayatul Fikra, M.Psi., Susanti Vera, M.Ag., dan Fitriani, S.Ag.
 
Meskipun pendampingan tahap demi tahap dinilai paling efektif, namun cara ini diakui sangat melelahkan, sangat menguras energi. Sehingga perlu ditemukan cara lain yang lebih menekankan kemandirian di lingkungan pemula dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah [Gifari].

 

×
Berita Terbaru Update