Budaya menulis artikel ilmiah di lingkungan
mahasiswa perlu mendapat perhatian. Sebab, hal ini akan berdampak signifikan
terhadap peningkatan status pendidikan tinggi.
Jika artikel-artikel ilmiah mahasiswa berhasil
tembus di berbagai jurnal ilmiah reputasi global, maka hal itu dapat
meningkatkan peringkat pendidikan tinggi pada level dunia internasional.
Salah satu indikator paling besar dalam pemeringkatan
pendidikan tinggi secara global diukur dari pencapaian kinerja riset dan
publikasi ilmiah internasional.
Populasi mahasiswa dalam sebuah kampus lebih besar
dibandingkan dosen. Apabila budaya menulis artikel ilmiah tumbuh di lingkungan
mahasiswa, maka hal itu menguntungkan bagi pendidikan tinggi.
Bagi mahasiswa sendiri, keterampilan menulis
artikel ilmiah secara terlatih dipastikan akan memudahkan dalam menulis tugas
akhir. Selebihnya, mahasiswa memungkinkan meraih berbagai penghargaan.
Wahyudin Darmalaksana, Sentra Publikasi Indonesia.