KURSUS DAN PENDAMPINGAN MENULIS ARTIKEL
Cocok untuk Umum Mahasiswa, Guru, dan Dosen
Menulis
artikel itu menyenangkan. Seperti latihan naik sepeda. Bolehlah kita bayangkan
senangnya bersepeda seperti orang lain yang lebih dahulu bisa. Ketika mulai
mencoba pasti butuh bantuan orang untuk memegang sepeda. Laju sepeda
dikendalikan meskipun dirasakan sulit di permulaan. Berulang kali terjatuh
ketika sepeda dikayuh. Sampai akhirnya tak disangka orang lancar bersepeda.
Tentu itu amat menyenangkan.
Begitu pula
menulis artikel. Kita butuh orang untuk pendamping. Kita cermati arahannya.
Pendamping tahu apa yang mesti mereka sampaikan untuk mulai menulis. Kita
melihat artikel dalam bentuk yang untuh, lengkap, dan tuntas. Namun, keutuhan
itu ternyata terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian akan dipelajari secara
bertahap. Pendamping akan mengajarkan masing-masing bagian. Pendamping tahu
tahap-tahap yang mesti ditempuh dalam menulis artikel.
Motivasi
menempati tahap utama dalam mengerjakan sesuatu. Penting ditumbuhkan kemauan
sebagai modal utama. Semua orang tidak ada yang tiba-tiba lancar bersepeda.
Bersedia sabar untuk mengikuti tahapan. Konsentrasi ketika memulai pekerjaan.
Fokus pada tiap bagian. Serta tekun ketika mengerjakan bagian tertrntu.
Tegasnya, sabar, konsentrasi, fokus, dan tekun semunya disadari sebagai paket
motivasi dalam menulis artikel.
Kenyataannya,
terdapat banyak kasus di mana pada gilirannya yang didampingi terbukti lebih
mahir ketimbang yang mendampinginya. Ini semacam hukum alam sebab tujuan
pendampingan bukanlah mengajarkan, melainkan membuka dan mengembangkan
kapasitas setiap orang. Poinnya adalah apapun yang dikerjakan termasuk menulis
artikel hendaknya tecipta suasana yang menyenangkan.
Tulisan ini
sebagai pengantar untuk persiapan membuka kursus dan pendampingan menulis
artikel Tahun 2020. Adapun latihan penggunaan perangkat Nvivo dibuka kelas khusus. "Ruang pengembangan kapasitas tanpa batas."
Salam
hangat,
Kepala
Sekolah Kelas Menulis
Yudi W.
Darmalaksana