KURSUS PENDAMPINGAN MENULIS ARTIKEL




KURSUS DAN PENDAMPINGAN MENULIS ARTIKEL
Cocok untuk Umum Mahasiswa, Guru, dan Dosen





Menulis artikel itu menyenangkan. Seperti latihan naik sepeda. Bolehlah kita bayangkan senangnya bersepeda seperti orang lain yang lebih dahulu bisa. Ketika mulai mencoba pasti butuh bantuan orang untuk memegang sepeda. Laju sepeda dikendalikan meskipun dirasakan sulit di permulaan. Berulang kali terjatuh ketika sepeda dikayuh. Sampai akhirnya tak disangka orang lancar bersepeda. Tentu itu amat menyenangkan.

Begitu pula menulis artikel. Kita butuh orang untuk pendamping. Kita cermati arahannya. Pendamping tahu apa yang mesti mereka sampaikan untuk mulai menulis. Kita melihat artikel dalam bentuk yang untuh, lengkap, dan tuntas. Namun, keutuhan itu ternyata terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian akan dipelajari secara bertahap. Pendamping akan mengajarkan masing-masing bagian. Pendamping tahu tahap-tahap yang mesti ditempuh dalam menulis artikel.

Motivasi menempati tahap utama dalam mengerjakan sesuatu. Penting ditumbuhkan kemauan sebagai modal utama. Semua orang tidak ada yang tiba-tiba lancar bersepeda. Bersedia sabar untuk mengikuti tahapan. Konsentrasi ketika memulai pekerjaan. Fokus pada tiap bagian. Serta tekun ketika mengerjakan bagian tertrntu. Tegasnya, sabar, konsentrasi, fokus, dan tekun semunya disadari sebagai paket motivasi dalam menulis artikel.

Kenyataannya, terdapat banyak kasus di mana pada gilirannya yang didampingi terbukti lebih mahir ketimbang yang mendampinginya. Ini semacam hukum alam sebab tujuan pendampingan bukanlah mengajarkan, melainkan membuka dan mengembangkan kapasitas setiap orang. Poinnya adalah apapun yang dikerjakan termasuk menulis artikel hendaknya tecipta suasana yang menyenangkan.

Tulisan ini sebagai pengantar untuk persiapan membuka kursus dan pendampingan menulis artikel Tahun 2020. Adapun latihan penggunaan perangkat Nvivo dibuka kelas khusus. "Ruang pengembangan kapasitas tanpa batas."


Salam hangat,
Kepala Sekolah Kelas Menulis

Yudi W. Darmalaksana

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN