MATA KULIAH DESIGN THINKING HADIS JURUSAN STUDI AGAMA-AGAMA

 




Mata Kuliah Hadis Bobot 2 SKS Semester III Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020/2021

 

Visi Jurusan SAA

Unggul dan kompetitif di bidang Studi Agama-Agama berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah

 

Misi Jurusan SAA

1.  Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu di bidang studi agama-agama berbasis wahyu memandu ilmu

2.  Menyelenggarakan penelitian  yang bermutu di bidang studi agama-agama berbasis wahyu memandu ilmu

3.  Menyelenggarakan pengabdian yang berguna bagi masyarakat di bidang studi agama-agama dalam bingkai akhlak karimah

 

Profil Lulusan Jurusan SAA

1.  Pemikir Relasi Agama-Agama

2.  Asisten Peneliti Agama dan sosial keagamaan        

3.  Analis Masalah Relasi Agama 

4.  Pegiat Kerukunan

5.  Religiopreuneur

 

Capaian Pembelajaran

1.   Sikap dan Tata Nilai (STN) 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa.

2.   STN 5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

3.   STN 12 Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya sebagai sarjana Studi Agama-Agama.

4.   Pengetahuan (P) 8 Menguasai dasar-dasar ilmu keislaman secara komprehensif dalam bidang ilmu tauhid-akidah, akhlak-tasawwuf, tafsir, hadis, fikih dan ushul fikih.

5.   Keterampilan Umum (KU) 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

6.   KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

7.   Keterampilan Khusus (KK) 1 Mampu menghasilkan produk pemikiran keislaman yang toleran dan moderat dalam masyarakat multi agama dan multi kultural dalam kehidupan keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.

8.   KK 8 Mampu mempromosikan peran agama sebagai landasan etik, moral dan sebagai kekuatan positif dalam rangka pembangunan dan tercapainya peradaban umat manusia yang damai dan berkemajuan dengan memanfaatkan IPTEKS dalam masyarakat multi agama dan multi kultural yang bersifat inter-religious dalam kehidupan keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

1.   Mahasiswa memiliki sikap religious Islam yang dilandasi nilai-nilai uswah, khidmat, dan tasamuh (CP. STN.1, STN.5, STN.12);

2.   Mahasiswa memahami topik-topik hadis berkenaan dengan isu-isu keagamaan, kemanusiaan, perdamaian, lingkungan, dan religiopreuneur (CP. P.8);

3.   Mahasiswa menerapkan design thinking dalam mengeksplorasi topik-topik hadis berbasis nilai humaniora (CP. KU.1);

4.   Mahasiswa mendesain prototipe penyelesaian masalah berkenaan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat melalui inspirasi hadis-hadis Nabi Saw. dengan pendekatan design thinking (CP. KU.3);

5.   Mahasiswa menghasilkan produk pemikiran yang toleran dan moderat dalam masyarakat multi agama dan multi kultural dalam bentuk prosiding artikel ilmiah hadis (CP. KK.1);

6.   Mahasiswa menerbitkan prosiding artikel ilmiah hadis dalam bentuk book chapter untuk mempromosikan peran agama sebagai landasan etik, moral dan sebagai kekuatan positif dalam rangka pembangunan dan tercapainya peradaban umat manusia yang damai dan berkemajuan dengan memanfaatkan IPTEKS (CP. KK.8).

 

Sub-CPMK

1.       CPMK 1 Mahasiswa mampu menerapkan kontrak pembelajaran dengan komitmen yang tinggi;

2.       CPMK 2 Mahasiswa mampu mengkategorikan topik-topik hadis berkenaan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat;

3.       CPMK 2 Mahasiswa mampu menyusun formula studi hadis secara logis dan terstruktur;

4.       CPMK 2 Mahasiswa mampu mengumpulkan referensi hadis ke dalam bentuk matrik dengan menggunakan aplikasi pengutipan references;

5.       CPMK 2 Mahasiswa mampu merancang peta konsep studi hadis mengacu pada topik-topik hadis;

6.       CPMK 3 Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan design thinking dalam studi hadis;

7.       CPMK 4 Mahasiswa mampu menyusun data, fakta, dan informasi berkenaan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat;

8.       CPMK 4 Mahasiswa mampu mengabstraksikan data untuk menemukan konsep-konsep universal berkenaan dengan topik hadis;

9.       CPMK 4 Mahasiswa mampu mengkreasikan pemecahan masalah berdasarkan inspirasi dari hadis Nabi Saw.

10.    CPMK 4 Mahasiswa mampu menyimpulkan desain prototipe dari insipirasi hadis Nabi Saw. untuk mengatasi masalah yang dihadapi;

11.    CPMK 5 Mahasiswa mampu mengkontraskan template penulisan akademik prosiding artikel hadis;

12.    CPMK 5 Mahasiswa mampu mengembangkan desain prototipe melalui umpan balik peer-review;

13.    CPMK 6 Mahasiswa mampu menciptakan prosiding artikel hadis dalam bentuk book chapter;

 

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah hadis ini bertujuan menjelaskan topik-topik hadis (C-1), menguraikan topik-topik hadis sejalan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat (C-2), menerapkan pendekatan design thinking (C-3), menganalisis data, fakta, dan informasi (C-4), mengevaluasi desain prototipe solusi masalah (C-5), dan mengkreasi prosiding artikel ilmiah topik hadis berkenaan dengan isu-isu kontemporer dengan pendekatan design thinking dalam bentuk book chapter ber-ISBN yang dipublikasikan sebagai outcome mata kuliah ini (C-6).

 

Materi Pembelajaran

1.       Hadith topics

2.       Hadith study academic writing template

3.       Formula on Hadith Studies

4.       Literature Review References to Hadith

5.       Hadith Study Concept Map

6.       Design Thinking of Hadith Studies

7.       Midterm exam (UTS)

8.       Result and Discussion of Hadith study point 1

9.       Result and Discussion of Hadith study point 2

10.    Result and Discussion of Hadith study point 3

11.    Conclusion of Hadith Studies

12.    Peer-review of Hadith Studies

13.    Preparation of hadith study book chapters

14.    Final exams (UAS)

 

Referensi

1.   Rencana Pembelajaran Semester

2.   Topik-topikHadis

3.   Template Prosiding Design Thinking

4.   PenggunaanAplikasi References

5.   Formula Studi Hadis

6.   Literatur Review Studi Hadis

7.   Peta Konsep Studi Hadis

8.   Studi Pustaka dan Studi Lapangan Hadis

9.   Penyusunan Hasil dan Pembahasan


 

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS