Mata Kuliah Hadis Bobot
2 SKS Semester III Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan
Gunung Djati Bandung Tahun 2020/2021
Visi Jurusan SAA
Unggul
dan kompetitif di bidang Studi Agama-Agama berbasis wahyu memandu ilmu dalam
bingkai akhlak karimah
Misi
Jurusan SAA
1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu
di bidang studi agama-agama berbasis wahyu memandu ilmu
2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu di bidang studi agama-agama
berbasis wahyu memandu ilmu
3. Menyelenggarakan pengabdian yang berguna bagi
masyarakat di bidang studi agama-agama dalam bingkai akhlak karimah
Profil
Lulusan Jurusan SAA
1. Pemikir Relasi Agama-Agama
2. Asisten Peneliti Agama dan sosial keagamaan
3. Analis Masalah Relasi Agama
4. Pegiat Kerukunan
5. Religiopreuneur
Capaian
Pembelajaran
1. Sikap
dan Tata Nilai (STN) 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
menunjukkan sikap religious dalam kehidupan perseorangan,
masyarakat dan bangsa.
2. STN 5 Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain.
3. STN 12 Bertanggung
jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan
otonomi akademik yang diembannya sebagai sarjana Studi Agama-Agama.
4. Pengetahuan
(P) 8 Menguasai dasar-dasar ilmu keislaman secara komprehensif dalam bidang
ilmu tauhid-akidah, akhlak-tasawwuf, tafsir, hadis, fikih dan ushul fikih.
5. Keterampilan
Umum (KU) 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya.
6. KU 3 Mampu
mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
7. Keterampilan
Khusus (KK) 1 Mampu menghasilkan produk pemikiran keislaman yang toleran dan
moderat dalam masyarakat multi agama dan multi kultural dalam kehidupan
keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.
8. KK 8 Mampu
mempromosikan peran agama sebagai landasan etik, moral dan sebagai kekuatan
positif dalam rangka pembangunan dan tercapainya peradaban umat manusia yang
damai dan berkemajuan dengan memanfaatkan IPTEKS dalam masyarakat multi agama
dan multi kultural yang bersifat inter-religious dalam kehidupan keagamaan,
kebangsaan dan kenegaraan.
Capaian Pembelajaran Mata
Kuliah (CPMK)
1. Mahasiswa
memiliki sikap religious Islam
yang dilandasi nilai-nilai uswah, khidmat, dan tasamuh (CP. STN.1, STN.5,
STN.12);
2. Mahasiswa
memahami topik-topik hadis berkenaan dengan isu-isu keagamaan,
kemanusiaan, perdamaian, lingkungan, dan religiopreuneur (CP. P.8);
3. Mahasiswa
menerapkan design thinking dalam mengeksplorasi
topik-topik hadis berbasis nilai humaniora (CP. KU.1);
4. Mahasiswa
mendesain prototipe penyelesaian masalah berkenaan dengan
isu-isu yang berkembang di masyarakat melalui inspirasi hadis-hadis Nabi Saw. dengan
pendekatan design thinking (CP. KU.3);
5. Mahasiswa menghasilkan produk pemikiran yang toleran dan moderat
dalam masyarakat multi agama dan multi kultural
dalam bentuk prosiding artikel ilmiah hadis (CP. KK.1);
6. Mahasiswa menerbitkan prosiding artikel ilmiah hadis
dalam bentuk book chapter untuk mempromosikan peran agama sebagai landasan
etik, moral dan sebagai kekuatan positif dalam rangka pembangunan dan
tercapainya peradaban umat manusia yang damai dan berkemajuan dengan memanfaatkan IPTEKS (CP.
KK.8).
Sub-CPMK
1.
CPMK
1 Mahasiswa mampu menerapkan kontrak pembelajaran dengan komitmen yang tinggi;
2.
CPMK 2
Mahasiswa mampu mengkategorikan
topik-topik hadis berkenaan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat;
3.
CPMK 2
Mahasiswa mampu menyusun
formula studi hadis secara logis dan terstruktur;
4.
CPMK 2
Mahasiswa mampu mengumpulkan
referensi hadis ke dalam bentuk matrik dengan menggunakan aplikasi pengutipan references;
5.
CPMK 2
Mahasiswa mampu merancang peta
konsep studi hadis mengacu pada topik-topik hadis;
6.
CPMK 3
Mahasiswa mampu menerapkan
pendekatan design thinking dalam studi hadis;
7. CPMK 4 Mahasiswa mampu menyusun data, fakta, dan
informasi berkenaan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat;
8.
CPMK 4
Mahasiswa mampu mengabstraksikan data
untuk menemukan konsep-konsep universal berkenaan dengan topik hadis;
9.
CPMK 4
Mahasiswa mampu mengkreasikan pemecahan masalah berdasarkan inspirasi dari
hadis Nabi Saw.
10.
CPMK 4
Mahasiswa mampu menyimpulkan desain prototipe dari insipirasi hadis Nabi Saw.
untuk mengatasi masalah yang dihadapi;
11.
CPMK 5
Mahasiswa mampu mengkontraskan template
penulisan akademik prosiding artikel hadis;
12.
CPMK 5
Mahasiswa mampu mengembangkan desain prototipe melalui umpan balik peer-review;
13.
CPMK 6
Mahasiswa mampu menciptakan prosiding artikel hadis dalam bentuk book
chapter;
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata kuliah hadis
ini
bertujuan menjelaskan topik-topik hadis (C-1), menguraikan
topik-topik hadis sejalan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat (C-2),
menerapkan pendekatan design thinking (C-3), menganalisis data, fakta,
dan informasi (C-4), mengevaluasi desain prototipe solusi masalah (C-5), dan mengkreasi
prosiding artikel ilmiah topik hadis berkenaan dengan isu-isu kontemporer
dengan pendekatan design thinking dalam bentuk book chapter
ber-ISBN yang dipublikasikan sebagai outcome mata kuliah ini (C-6).
Materi
Pembelajaran
1. Hadith
topics
2. Hadith
study academic writing template
3. Formula
on Hadith Studies
4. Literature
Review References to Hadith
5. Hadith
Study Concept Map
6. Design Thinking
of Hadith Studies
7. Midterm
exam (UTS)
8. Result
and Discussion of Hadith study point 1
9. Result
and Discussion of Hadith study point 2
10. Result
and Discussion of Hadith study point 3
11. Conclusion
of Hadith Studies
12. Peer-review
of Hadith Studies
13. Preparation
of hadith study book chapters
14. Final
exams (UAS)
Referensi
1.
Rencana Pembelajaran Semester
3.
Template Prosiding Design Thinking
4.
PenggunaanAplikasi References
6.
Literatur Review Studi Hadis
8. Studi Pustaka dan Studi Lapangan Hadis
9. Penyusunan Hasil dan Pembahasan