MENULIS PEMBAHASAN KUALITATIF



Pembahasan adalah janji dari pendahuluan. Mengajukan pertanyaan penelitian berarti berjanji memberikan pembahasan.

Membahas berarti menjawab pertanyaan penelitian. Sejak pendahuluan, penulis berusaha memandu pembaca untuk merasa tertarik dengan jawaban pertanyaan penelitian.

Membahas berarti mendiskusikan jawaban tentang pertanyaan penelitian dengan literatur kredibel dan praktik bila studi lapangan. Membahas berarti memberitahu pembaca tentang pengetahuan yang terlewati atau sengaja disisakan dari penelitian terdahulu. 

Pembahasan adalah pemahaman baru tentang jawaban pertanyaan penelitian menurut interpretasi. Pembahasan berjalan dari masa sekarang ke masa depan meskipun dari literatur lampau. Pembahasan ialah harapan pengetahuan hari ini.

Jawab pertanyaan penelitian secara sentral dengan perspektif spesifik. Hindari memberikan pembahasan yang bukan jawaban pertanyaan penelitian. Pastikan pembahasan mendukung kesimpulan.

Jawaban pertanyaan penelitian menganut batas-batas yang dianggap penting bagi pembaca untuk menghasilkan rekomendasi. Tidak ada pembahasan yang sempurna. Rekomendasikan langkah penelitian selanjutnya.

Bandung, 28 November 2020
Yudi W. Darmalaksana, Kelas Menulis FU UIN Bandung

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI