Menyiapkan Naskah Artikel Bersama Sarjana





Saat ini kami sedang bersama seorang sarjana mengubah naskah skripsi menjadi artikel. Kini ia sedang melaksanakan studi lanjut ke jenjang pascasarjana.

Mula-mula disiapkan template yang menjadi format acuan untuk penulisan artikel. Ia bertugas mengisikan hasil penelitian skripsi ke dalam template. Pada dasarnya tidak ada yang terbuang dari naskah skripsi tersebut karena template penulisan artikel merupakan format hasil penelitian yang struktur penulisannya dapat dikatakan tidak berbeda dengan skripsi hanya substansi isi lebih dipadatkan, to the point, dan efektif.

Ternyata kami menemukan hal yang tak terduga. Skripsi ini berhasil melakukan pembahasan suatu topik yang ditopang dengan metode tertentu. Bagi kepentingan kedalaman, kami menyarankan agar ia menyertakan analisis.

Ketika dulu menulis skripsi mungkin ia belum membayangkan arti penting sebuah analisis. Memang analisis belum menjadi tuntutan di jenjang sarjana. Pada latar belakang skripsi ini, ia menegaskan arti penting topik yang akan dibahasanya bagi aktualisasi di masyarakat kontemporer Indonesia. Pada naskah skripsinya, ia belum menyelesaikan pembahasan tentang aktualisasi ini. Gilirannya sekarang untuk pendalaman serta memikirkan implikasi hasil temunyaa dengan ditopang analisis tertentu.

Temuan telah dihasilkan melalui metode tertentu di dalam skripsi tersebut. Saat ini temuan tersebut akan segera diatasi melalui suatu analisis bagi implikasi dan atau aktualisasinya pada masyarakat kontemporer di Indonesia. Jika hasilnya telah terbentuk, maka naskah artikel akan dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris dan segera dikrim ke jurnal ilmiah.



Kelas Menulis

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN