RE-SEE Pasca Penulisan Naskah dan Pra Publikasi Artikel di Jurnal Ilmiah

 




Telah dikemukakan sebelum ini bahwa orang yang paling kaya secara intelektual adalah orang yang memiliki naskah penulisan akademik semisal artikel ilmiah. Naskah artikel dihasilkan antara lain melalui latihan secara bertahap.

Selanjutnya, agar naskah artikel memenuhi kedalaman isi maka perlu dilakukan RE-SEE. Adapun RE-SEE yang dimaksud di sini adalah peninjauan kembali naskah artikel mana area yang perlu dipotong, ditambah, dan ditata ulang. RE-SEE melibatkan ahli bidang ilmu dari kalangan dosen. Naskah artikel melalui RE-SEE akan memiliki alur cerita yang kuat sehingga memenuhi kelayakan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah.
 
Setelah RE-SEE adalah kegiatan konferensi untuk mempresentasikan artikel di hadapan audiens dan dewan juri. Kedalaman substansi isi artikel akan lebih diperkaya lagi melalui masukan-masukan pada kegiatan konferensi. Pada kegiatan konferensi juga memungkinkan peserta memperoleh sertifikat The Best Articel and Presenter. 
 
Naskah artikel melalui berbagai kegiatan ini akan semakin kuat, baik teknis penulisan, alur certa, dan kedalaman substansi isi sehingga dipastikan naskah artikel layak terbit di jurnal ilmiah. Paling utama dari seluruh kegiatan ini adalah terciptanya kemitraan dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan publikasi ilmiah.
 
 
Bandung, 04 Juli 2022
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN