Top 3 Artikel Mahasiswa IAIN Kendari Terbit di Jurnal Ilmiah

 




 
 
Pendidikan tinggi di Indonesia sedang mengupayakan akselerasi publikasi artikel ilmiah para akademisi termasuk mahasiswa. Akselerasi tersebut berusaha diupayakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.


Sebanyak tiga orang mahasiswa IAIN Kendari berhasil mempublikasikan artikel di jurnal ilmiah. Tiga orang mahasiswa tersebut adalah: 1) Akmal Alna dengan judul artikel Makna Jihad dalam al-Qur’an menurut Penafsiran Ibnu Katsir; 2) Rezky Alsyah Ananta A dengan judul artikel Konsep dan Praktik Pendidikan Islam dalam al-Qur’an: Studi Tafsir Tarbawi, dan 3) Azizah Jumriani Narsum dengan judul artikel Perdebatan Seputar Isu Jilbab dalam Kitab Tafsir al-Misbah. Ketiga artikel mahasiswa tersebut terbit di jurnal ilmiah Gunung Djati Conference Series (GDCS) Volume 9 Tahun 2022.  
 
Ketiga orang mahasiswa tersebut merupakan akademisi Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari.


Dr. Nurdin, M.Pd., Dekan FUAD IAIN Kendari bersama jajaran Dekanat, para Ketua dan Sekretaris Program Studi di FUAD IAIN Kendari sangat mengapresiasi capaian mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah. “Ini prestasi mahasiswa yang membanggakan. Saya berharap prestasi akademik ini menjadi model bagi upaya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah untuk mendorong akselerasi publikasi di jurnal ilmiah,” tuturnya didampingi segenap pimpinan FUAD IAIN Kendari.
 
Dekan FUAD IAIN Kendari menuturkan kronologi pencapaian publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah. Diungkapkannya mula-mula mahasiswa mendapat pelatihan penulisan artikel ilmiah. Lalu, pelaksanaan Re-See, yaitu peninjauan kembali area mana yang harus dipotong, ditambah, dan ditata ulang dengan melibatkan dosen bidang keahlian. Terakhir, artikel disertakan dalam kegiatan konferensi sampai terpilih untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah.
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., penanggungjawab Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) memberikan penjelasan konferensi. Dituturkannya CISS merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tiap tahun CISS mengundang akademisi mahasiswa untuk presentasi artikel ilmiah. Tahun 2022 merupakan CISS ke-3 bekerjasama dengan jurnal ilmiah GDCS. Sedangkan untuk melakukan kualifikasi artikel, kami bekerjasama dengan Sentra Publikasi Indonesia. Artikel ilmiah mahasiswa diutamakan merupakan hasil kolaborasi dengan dosen. Selanjutnya artikel terpilih kami terbitkan di GDCS.
 
Penanggungjawab CISS, yang juga pegiat Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Ketua Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi Forum Dekan Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Se-Indonesia mengundang mahasiswa untuk presentasi artikel pada CISS 2022. “Selamat artikel mahasiswa IAIN Kendari terpilih untuk diterbitkan, tutur Dr. Wahyudin Darmalaksana. Berita ini dirilis oleh Sentra Publikasi Indonesia, Senin, 04/07/2022 [Widodo-Fikra].
 
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN