-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa UIN Bandung Raih Prestasi Riset Internasional: Ini Menjadi Best Practice Kolaborasi Lintas Fakultas Internal Universitas untuk Pengakuan Tingkat Global

Monday, June 12, 2023 | 6:01:00 PM WIB Last Updated 2023-06-12T11:02:12Z
 
 

 

 

Kolaborasi merupakan salah satu aktivitas kunci abadi 21. Sumbangan ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas tidak cukup diusung oleh perorangan dari satu bidang keahlian, tetapi butuh kolaborasi berbagai bidang yang mempertegas keterkaitan satu bidang ilmu pengetahuan dengan bidang ilmu pengetahuan yang lain. Kolaborasi jenis inilah yang menjadi salah satu tuntutan aktivitas kunci abad 21.
 
Abad 21 penuh dengan persoalan kompleks yang membutuhkan solusi dari berbagai bidang ilmu pengetahuan secara berkolaborasi. Tuntutan inilah yang mendorong inisiatif mahasiswa untuk melakukan kolaborasi riset. Inisiatif ini ditempuh oleh Roprop Latiefatul Millah (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan), Noor Annisa Syahida (Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin), dan Indah Siti Saidah (Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin). Ketiganya merupakan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
Secara berkolaborasi, ketiga mahasiswa yang bersangkutan melakukan riset. Hasil risetnya mereka tuangkan ke dalam bentuk paper bertajuk “Inovasi Media Pembelajaran Literasi Keuangan melalui Pop Up Books sebagai Media Edukasi Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” Lalu mereka melakukan submit untuk kompetisi paper pada ajang 6th ISCOMBUS (International Student Conference on Management and Business Studies) 2023 yang diselenggarakan tahunan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Paper ketiga mahasiswa ini berhasil meraih juara sebagai 2nd Winner, bahkan dinobatkan sebagai The Best Paper.
 
6th ISCOMBUS yang merupakan ajang internasional diikuti oleh 30 tim peserta dari berbagai pendidikan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Dari 30 tim peserta diseleksi menjadi 10 tim peserta finalis dengan rincian 5 tim peserta dari pendidikan tinggi tanah air dan 5 tim peserta lagi dari pendidikan tinggi mancanegara. Anugerah diberikan kepada para juara pada acara penutupan 6th ISCOMBUS di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jum’at, 09/06/2023.
 
Pencapaian prestasi ini menjadi pengalaman terbaik (best practice) untuk kategori riset kolaboratif tingkat mahasiswa lintas fakultas internal universitas. Hal ini menjadi best practice bagi pengalaman serupa di masa-masa yang akan datang dan untuk mencipta pengalaman-pengalaman yang lebih menantang, seperti riset kolaboratif lintas universitas akademisi dalam negeri dan terlebih lagi bersama akademisi luar negeri.
 
Ada beberapa arti penting dari pengalaman ini. Pertama, rekognisi keunggulan pendidikan tinggi pada level internasional dan global. Kedua, pemenuhan tuntutan aktivitas kunci abad 21 untuk pelaksanaan kolaborasi secara luas. Ketiga, sumbangan ilmu pengetahuan dari berbagai bidang keahlian untuk pembangunan masyarakat secara berkelanjutan. Terakhir, keempat, khusus bagi mahasiswa, prestasi pada kompetisi ajang internasional memiliki manfaat untuk kebutuhan surat keterangan pendamping ijazah.
 
Selamat tim riset mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah mendapat anugrah pada 6th ISCOMBUS 2023. Prestasi ini pasti menginspirasi banyak pihak dan menjadi best practice untuk pencapaian berbagai prestasi gemilang di hari-hari ke depan.
 
 
 
Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 
×
Berita Terbaru Update