MENGUBAH CARA MEMBUAT MAKALAH UNTUK PENGUATAN SKILL






Membuat makalah berperan untuk mengasah akal. Karena ketika membuat makalah butuh berpikir. Selebihnya, membuat makalah sangat berperan besar untuk penguatan skill.






Makalah adalah sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah mengenai suatu topik. Bersifat ilmiah artinya berdasarkan cara ilmu pengetahuan dihasilkan. Sedangkan topik ialah inti utama dari seluruh isi tulisan. Adapun skill lebih tepatnya hard skill, ialah keahlian utama yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan.

Topik ini membicarakan peran pembuatan makalah dalam penguatan skill. Ini dapat dituangkan ke dalam beberapa bagian.

Pencarian Referensi
Makalah memiliki landasan teori yang dikutip dari referensi-refernsi induk yang dapat diakses di website program studi; Makalah menyertakan referensi-referensi hasil penelitian terbaru terlebih khusus dari jurnal ilmiah yang diakses dari laman penyimpanan data bereputasi; Google Scholar direkomendasikan untuk pencarian data. Silahkan akses Google Scholar berwarna ini: Pintu Masuk Google Scholar. Bagaimana melakukan pencarian referensi di Google Scholar, silahkan akses manual berwarna ini: Manual Pencarian Referensi Google Scholar.

Aplikasi Pengutipan
Referensi dari Google Scholar hendaknya dihimpun ke dalam aplikasi pengutipan; Aplikasi pengutipan merekomendasikan penggunaan Mendeley atau Zotero; Aplikasi pengutipan sekurang-kurangnya menggunakan fasilitas References di internal Microsoft Word. Silahkan akses tombol berwarna ini untuk mengenal aplikasi References Microsoft Word: Ini Dia Aplikasi References Internal Microsoft Word.  Bagaimana menggunakan aplikasi References Microsoft Word, silahkan akses manual berwarna ini: Efektif Menggunakan AplikasiReferences.

Aplikasi Pengolah Data    
Makalah biasanya tidak terlepas dari aktivitas mengolah data, baik data kualitatif maupun data kuantitatif. Saat ini telah banyak aplikasi pengolah data di internal computer. Seperti Microsoft Word, Wordstar, Wordperpfect, Openoffice Writer, Adobe Page Maker, Chi Writter, Abiword, dan Kword. Aplikasi eksternal computer lebih banyak lagi, berbayar atau gratis. Antara lain IBM SPSS Modeler, SAS Data Mining, Angoss Knowledge Studio, Microsoft Analysis Services, Oracle Data Mining, Think Analytics, Viscovery, Portrait Software, IBM DB2 Intelligent Miner, Statistika Data Miner, Qiware, Lionsolver, dan Kxen Modeler. Semua itu biasanya tidak asing di kalangan peneliti lapangan dalam pengolahan data-data kuantitatif.

Paper Correspondence
Jika membuat paper (makalah) dengan skill tinggi maka sayang bila paper tersebut dibiarkan di dalam computer. Beberapa akademisi menyimpan makalah di Blog, laman Academia Edu, dan Digital Library. Ini harapannya selain penyimpanan juga penyebaran (diseminasi) untuk komentar publik. Sebaiknya, tidak seperti itu tetapi usahakan untuk mendapat umpan balik (feed back) secara langsung. Umpan balik konvensional dapat dilakukan melalui peer-group (diskusi sejawat). Akan tetapi, kami merekomendasikan untuk mendapat umpan balik dari ahli melalui review (pengulasan). Caranya adalah submission (pengiriman) melalui open journal system (OJS). Praktis, makalah yang telah diulas oleh reviewer pasti diterbitkan di jurnal ilmiah. Apa itu correspondesi, silahkan akses petunjuk berwarna ini: Korespondensi dalam Publikasi Makalah. Bagaimana submission makalah ke jurnal ilmiah, silahkan akases praktis berwarna ini: Cara Submission Makalah.


Demikian, membuat makalah bukan saja mengasah akal, melainkan berperan besar dalam penguatan skill akademik. Hal ini dibutuhkan untuk mengisi lanskap SDM Unggul Indonesia Maju.  



Bandung, 06 Januari 2020
Yudi W. Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN