-->

Notification

×

Iklan

Iklan

BAHAN LATIHAN MENYUSUN PROPOSAL

Sunday, April 5, 2020 | 9:19:00 AM WIB Last Updated 2023-11-30T09:13:40Z









Bagian ini menjelaskan hubungan judul atau topik penelitian, rumusan masalah, pertanyaan-pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, hasil penelitian terdahulu, kerangka berpikir, dan sistematika penulisan (outline, daftar isi penelitian).


Coba dari topik dulu sebelum menentukan judul. Topik bersifat fleksibel masih bisa diubah. Adapun judul sudah paten tidak bisa diubah. Tetapi sebuah judul pasti berangkat dari topik terlebih dahulu.



Rumusan masalah berupa kalimat sempurna dan diperinci menjadi beberapa pertanyaan serta selaras dengan tujuan penelitian.



Hasil penelitian terdahulu merupakan pencarian referensi terhadap penelitian yang telah ada yang berhubungan dengan topik dan tema utama penelitian yang akan dilaksanakan.





Klik di sini: Kerangka Berpikir
Kerangka berpikir terdiri atas konsep-konsep dari tinjauan pustaka yang dipetakan mulai tinjauan umum, focus utama, dan tujuan penelitian.




Klik di sini: Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan atau outline atau daftar isi otomatis akan terbentuk berdasarkan kerangka berpikir yang telah dipetakan.




Klik di sini: Hubungan Keseluruhan
Proposal membentuk sebuah bangunan yang membentuk hubungan antar-bagian meliputi rumusan masalah, pertanyaan-pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, hasil penelitian terdahulu, kerangka berpikir, dan sistematika penulisan (outline, daftar isi penelitian).





Jika proposal telah tuntas, maka giliran menulis pembahasan!





Bandung, 06 April 2020
Wahyudin Darmalaksana, FU UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update