MODEL LITERASI DIGITAL MAHASISWA ERA TEKNOLOGI INFORMASI

 


Literasi digital sedang berlangsung di lingkungan Mahasiswa. Model literasi berupa latihan penulisan artikel ilmiah dan prosiding.
 
Artikel ilmiah dibedakan dengan prosiding. Artikel ilmiah 2500-7000 kata. Prosiding 1500-2000 kata. Hal paling utama adalah template, baik artikel ilmiah maupun prosiding.
 
Tahun pendidikan 2020 sedang berlangsung penguatan literasi digital. Di antaranya penulisan prosiding di Kelas A, B, dan C Semester I Jurusan Agroteknologi mengacu template Takhrij dan Syarah Hadis. Kelas A dan B Semester III Jurusan SAA mengacu template Design Thinking.
 
Latihan penulisan artikel ilmiah di Kelas Menulis Mahasiswa mengacu template Penulisan Artikel Ilmiah. Adapun Kelas A dan B Semester 7 ILHA tengah praktik penyempurnaan proposal mengacu format Cara Menulis Proposal dengan sasaran capaian artikel ilmiah.
 
Beberapa format lain berikut pencapaiannya adalah format artikel ilmiah capaian mata kuliah, format artikel ilmiah dari proposal penelitian, dan format artikel ilmiah dari naskah skripsi.
 
Mahasiswa telah diarahkan akses repositori untuk menambang sumber rujukan. Mahasiswa semester awal umumnya menerapkan aplikasi rereferences internal. Beberapa mahasiswa telah menerapkan aplikasi references eksternal, Mendeley.
 
Materi akhir literasi digital adalah login and submission. Ini berhasil dilakukan oleh Mahasiswa dengan tugas akhir artikel ilmiah. Ini beberapa model literasi digital mahasiswa di era teknologi informasi.
 
 
Bandung, 05 November 2020
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN