-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Fasiliator Penulisan Artikel Berbagi Pengalaman Publikasi Ilmiah

Monday, September 12, 2022 | 11:33:00 AM WIB Last Updated 2022-09-21T08:54:03Z
 





Bepergian ke berbagai wilayah untuk mengunjungi tempat-tempat yang dituju. Itulah salah satu kesibukan yang dijalani teman-teman fasilitator penulisan artikel ilmiah.
 
Tujuan utamanya adalah berbagi pengalaman dalam latihan penulisan artikel ilmiah.
 
Publikasi artikel di jurnal ilmiah sangat ditekankan akhir-akhir ini. Targetnya agar pengetahuan tersebarluas di masyarakat. Namun, penulisan artikel dan publikasi ilmiah, khususnya di lingkungan mahasiswa, masih terbilang langka.
 
Oleh karena itu, Kelas Menulis dibentuk sebagai ruang bagi mahasiswa untuk berlatih menulis artikel ilmiah. Akhirnya kalangan mahasiswa berhasil publikasi ilmiah, baik melalui presentasi artikel di dalam konferensi maupun pengiriman (submission) artikel ke jurnal ilmiah. Sehingga sudah banyak akademis muda menjadi member Kelas Menulis.
 
Di antara fasilitator penulisan artikel ilmiah untuk lingkungan sebaya adalah Hidayatul Fikra, Susasnti Vera, dan Fitriani. Ketiganya memiliki jam terbang yang cukup padat dalam berbagi pengetahuan praktis penulisan artikel ilmiah.

 
Pelatihan berlangsung di sejumlah kota. Antara lain di Bandung, Garut, Palembang, Jambi, Bukittinggi, Semarang, dan Kendari. Di rencanakan pula mereka akan bepergian ke tempat-tempat lain.
 
Ada beberapa tips dalam latihan penulisan artikel ilmiah. Pertama, perserta mesti bahagia. Kalau gak bahagia penulisan artikel tidak selesai. Kedua, kerapian dengan cara menghindari kesalahan-kesalahan teknis dalam penulisan. Ketiga, gunakan modul latihan penulisan artikel ilmiah. Termasuk materi pelatihan adalah pengelolaan jurnal ilmiah oleh mahasiswa.

 
Untuk pelaksanaan latihan penulisan artikel ilmiah silakan hubungi personalia Kelas Menulis. Kelas Menulis dikelola secara independen oleh sejumlah sumber daya terlatih. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan salah satu mitra strategis Kelas Menulis.
 
Kelas Menulis bermaksud melakukan kemitraan strategis dengan berbagai pendidikan tinggi di tanah air. “Kami siap hadir untuk pelaksanaan latihan penulisan artikel ilmiah,” ungkap Hidayatul Fikra leader pelatihan mahasiswa ditemani Vera Susanti dan Fitriani, Senin, 12/09/2022 [Fika].

×
Berita Terbaru Update