Implementasi Kerjasama Latihan Kepenulisan Artikel dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 





 
Bandung, Penandatanganan kerjasama Fakultas Ushuluddin (FU) lintas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dilaksanakan melalui Forum Dekan (FORDEK) Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia di Semarang, 24 Oktober 2021, yang diperkuat kembali di Manado, 02 Juni 2022.
 
Salah satu agenda kerjasama adalah mewujudkan luaran darma penelitian yang indikatornya yaitu publikasi ilmiah Mahasiswa yang dihasilkan secara mandiri atau bersama DPTS (Dosen yang ditugaskan di Program Studi), dengan judul yang relevan dengan bidang Program Studi.
 
Beberapa realisasi kerjasama FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam bidang kepenulisan dan publikasi ilmiah di bawah ini:
 
Peningkatan kapasitas penelitian dan publikasi Dosen diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tanggal 07 Maret 2022. Sebuah penghargaan untuk penanggungjawab Kelas Menulis FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., diundang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan ini.  


Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) UIN Raden Fatah Palembang tanggal 22-26 Maret 2022. Hidayatul Fikra dan Susanti Vera pegiat Kelas Menulis hadir menjadi fasilitator tingkat sebaya di lingkungan mahasiswa. Saat ini, Kelas Menulis FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang produktif dalam publikasi ilmiah melalui konferensi tingkat internasional.


Kelas Menulis Artikel Jurnal inisiatif Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi tanggal 25-27 April 2022. Agenda penulisan artikel mahasiswa masih terus berlangsung untuk target publikasi di jurnal ilmiah melalui pendampingan fasilitator tingkat sebaya. Beberapa artikel mahasiswa telah siap untuk memasuki tahap RE-SEE sebelum submit ke jurnal ilmiah. 


Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa inisiatif Fakultas Ushuludin dan Studi Agama (FUSA) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tanggal 24-31 Juni 2022Agenda penulisan artikel mahasiswa masih terus berlangsung untuk target publikasi di jurnal ilmiah melalui pendampingan fasilitator tingkat sebaya. Bahkan, di antara peserta sudah ada yang submit artikel ke Jurnal Riset Agama. 


Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ) inisiatif HMJ IAT Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung melibatkan akademisi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Ponorogo tanggal 18-23 Juni 2022. Lanjutan kegiatan ini adalah konferensi mahasiswa pertama di Indonesia. Artikel mahasiswa IAIN Ponorogo terbit di Gunung Djati Conference Series dan Jurnal Riset Agama.

 
Pendampingan Kelas Menulis berupa writing sprints, konferensi, dan publikasi ilmiah inisiatif Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari tanggal 01 Juli 2022. Agenda latihan penulisan artikel mahasiswa terus berlangsung untuk target publikasi di jurnal ilmiah. Jika artikel mahasiswa terbit di jurnal terakreditasi Nasional Sinta 2, maka dapat menjadi pengganti skripsi untuk kelulusan meraih gelar sarjana. 


Implementasi kurikulum Merdeka Belajar Belajar Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus tanggal 13 Juli 2022. Implementasi kurikulum MBKM di antaranya melalui Program Literasi Mahasiswa di mana luaran hasil publikasi ilmiah dikonversi ke dalam SKS matakuliah. 


Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang tanggal 20-21 Juli 2022. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut kebijakan universitas terkait artikel ilmiah pengganti skripsi sekurang-kurang diterima di jurnal terakreditasi Nasional Sinta 3. Workshop melibatkan fasilitator sebaya Hidayatul Fikra dan Fitriani untuk pemaparan syarat penulisan artikel dan modul latihan


Workshop Penulisan Artikel Ilmiah yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Siliwangi Garut Jawa Barat tangga 03 Agustus 2022. Agenda acara meliputi penyajian modul penulisan dan praktik penulisan artikel. Artikel diarahkan untuk presentasi pada Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) dan sasaran penerbitan di Gunung Djati Converence Series (GDCS).


Selain itu, berlangsung kegiatan Academic Writing Class yang diselenggarakan Kelas Menulis FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tanggal 10 Mei 2022. Kegiatan ini meliputi pelatihan menulis, konferensi, dan publikasi ilmiah. Peserta sebanyak 189 akademisi dari 33 institusi pendidikan tinggi di Indonesia. 


Sebelumnya, FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengutus mahasiswa pada kompetisi Academic Writing, konferensi, dan publikasi ilmiah yang digelar oleh FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia tahun 2021. Serta persiapan agenda kedua tahun 2022. 

FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung terus menjalin kemitraan bersama stakeholders secara luas. Jalinan ini dimaksudkan untuk peluang implementasi kerjasama khususnya mengupayakan publikasi ilmiah kemitraan Dosen dan Mahasiswa [FU].
 

Comments

  1. Dalam pelatihan meningkatkan kualitas diri, preusahaan akan melakukan pelatihan atau training pada karyawan. Ia dapat menggunakan software HRM

    ReplyDelete
  2. Artikel pendidikan yang ada di atas adalah artikel yang wajib untuk kalian baca dan pahami. Hal ini berguna sebagai cara untuk meningkatkan pendidikan yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN