-->

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Cara Cepat Menulis Karya Ilmiah

Wednesday, December 27, 2023 | 9:50:00 AM WIB Last Updated 2023-12-27T03:13:25Z

 

 



 

 

Acap kali penulisan karya ilmiah --skripsi, tesis, dan disertasi-- berjalan lamban. Terkait hal itu, ada 3 cara supaya penulisan karya ilmiah berlangsung cepat:  
 
 
1. Menentukan Metode Penelitian
Metode penelitian adalah skenario menyangkut tindakan demi tindakan secara terperinci dalam pelaksanaan penelitian. Di dalamnya ada pendekatan (kualitatif atau kuantitatif) dan metode (mencakup prosedur pelaksanaan penelitian), jenis data (data kualitatif seperti bahan bacaan atau data kuantitatif berupa skor nilai, data statistik, dll.), sumber data (primer dan sekunder), teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, kuesioner, atau studi dokumen), teknik analisis data (inventarisasi, klasifikasi/kategorisasi, penafsiran/analisis data), dan waktu dan tempat (bila penelitian lapangan).
 
 
2. Menyajikan Hasil dan Melakukan Pembahasan
Metode penelitian akan bekerja mengolah data sampai menghasilkan hasil penelitian. Mula-mula penyajian data (data display) hasil penelitian. Lalu, tugas peneliti adalah membahas (menganalisis) hasil penelitian tersebut dengan menggunakan teori (yang disiapkan di bagian tinjauan pustaka atau landasan teoritis). Hasil pembahasan (analisis) disebut temuan penelitian. Bandingkan temuan sekarang dengan temuan hasil-hasil penelitian terdahulu (yang dicantumkan di bagian pendahuluan). Jika temuan sekarang berbeda dengan temuan hasil-hasil penelitian terdahulu, maka di situlah kebaruan (novelty).Tiba di sini, penulis pada dasarnya sudah bisa membuat kesimpulan.
 
 
3. Memeriksa Ulang Bagian Pendahuluan
Pendahuluan dibuat saat menyusun proposal (skripsi, tesis, disertasi). Pendahuluan adalah janji penulis yang akan ditepati di bagian pembahasan. Bisa jadi pendahuluan menjanjikan sesuatu yang besar, tetapi tidak ditepati, tidak dijawab, atau tidak dibahas oleh penulis di bagian pembahasan. Karena itu, penulis mesti memeriksa ulang bagian pendahuluan. Ia meliputi latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat hasil penelitian, kerangka berpikir, hasil penelitian terdahulu, tinjauan pustaka, dan termasuk metode penelitian. Supaya diperhatikan bahwa bagian hasil dan pembahasan harus selaras dengan bagian pendahuluan.
 
 
 
 
Wahyudin Darmalaksana, Sentra Publikasi Indonesia

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update