Publikasi Mahasiswa Di Jurnal Ilmiah Tembus 175 Artikel

 





Publikasi ilmiah mahsiswa tengah digiatkan. Ini bertujuan memenuhi harapan Negara, pendidikan tinggi, dan kebanggaan mahasiswa sendiri.
 
Agenda ini diawali penyiapan panduan. Panduan ini bersifat generic bagi penulisan artikel ilmiah. Di dalamnya mencakup tahapan, mulai tahap 1 sampai tahap 11. Dari beberapa pelatihan dan pendampingan tampak mahasiswa mampu mengacu panduan tersebut hingga mereka berhasil publikasi di jurnal ilmiah.
 
Strategi publikasi dibagi dua, yakni konferensi dan pengiriman artikel ke jurnal regular. Konferensi dikelola dengan menggandeng mitra jurnal, seperti Gunung Djati Conference Series (GDCS). Sedangkan strategi dua dilakukan melalui pengiriman naskah ke jurnal regular dimana topik artikel mesti sesuai dengan aims and scope jurnal.  
 
Pendampingan mahasiswa digiatkan sejak 2020. Sampai Selasa 22 Juni 2021 publikasi mahasiswa telah mencapai 175 artikel. Agenda ini mengusung visi “tembus  500 publikasi artikel mahasiswa hingga 2023.”
 
Publikasi ilmiah mahasiswa telah lazim sekarang ini. “Agenda ini dilakukan melalui upaya mahasiswa sendiri secara otonom, pendampingan, dan kemitraan dengan dosen,” tutur Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa, 22/06/2021 [Widodo].
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN