PANDUAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

 




 
 
 
Penulisan artikel ilmiah hendaknya dimulai sejak proposal penelitian. Sebab, proposal penelitian tidak lain adalah pendahuluan artikel ilmiah. Justru penulisan hasil dan pembahasan penelitian dalam artikel ilmiah akan bergantung proposal yakni pendahuluan. Pendahuluan adalah setengah jalan pelaksanaan penelitian.

Berikut tahapan penulisan artikel ilmiah sejak pendahuluan hingga penulisan hasil dan pembahasan untuk kepentingan publikasi artikel di jurnal ilmiah:
 
Tahap I
Penulisan formula penelitian, yaitu: (1) rumusan masalah; (2) pertanyaan utama penelitian; dan (3) tujuan penelitian. Di bagian formula penelitian dapat ditambahkan pula manfaat dan kegunaan penelitian. Contoh formula penelitian, klik di sini !
 
Tahap II
Penulisan tinjuan pustaka yang dimaksudkan untuk melakukan telaah (review) terhadap hasil penelitian terdahulu, klik di sini ! Di bagian tinjauan pustaka ini telah diwajibkan untuk menerapkan aplikasi penulisan, klik di sini !
 
Tahap III
Kerangka berpikir yaitu alur logis secara garis besar berjalannya penelitian, klik di sini !
 
Tahap IV
Metode penelitian yaitu skenario pelaksanaan penelitian, klik di sini !
 
Tahap V
Latar belakang dan masalah. Penulisan karya ilmiah pada dasarnya diawali oleh latar belakang dan masalah. Akan tetapi, ditulis secara sempurna di tahap ini saja. Contoh latar belakang dan masalah, klik di sini !
 
Tahap  VI
Menyusun seluruh tahapan terdahulu mejadi pendahuluan. Termasuk menyusun paragraf formula penelitian, klik di sini ! Adapun susunan pendahuluan, klik di sini !
 
Tahap VII
Menjawab pertanyaan penelitian 1
 
Tahap VIII
Menjawab pertanyaan penelitian 2
 
Tahap IX
Menjawab pertanyaan penelitian 3
 
Catatan: Jawaban penelitian dikendalikan oleh pertanyaan penelitian dan kerangka berpikir penelitian. Pastikan seluruh pertanyaan penelitian telah terjawab yang dikendalikan oleh kerangka berpikir menurut susunan (sistematika) penulisan. Cara menghubungkan kerangka berpikir, pembahasan, dan metode penelitian, klik di sini !
 
Tahap X
Kesimpulan yaitu natijah atau hasil akhir dari pembahasan. Di bagian kesimpulan sertakan pula tiga hal, yakni: (1) Implikasi manfaat hasil penelitian; (2) Keterbatasan penelitian yang membuka peluang penelitian tindak lanjut di masa depan; dan (3) Rekomendasi penelitian berupa saran yang biasanya diajukan kepada lembaga atau institusi.
 
Tahap XI
Menulis abstrak dan kata kunci. Abstrak meliputi (1) tujuan penelitian, (2) metode penelitian, (3) hasil dan pembahasan penelitian, (4) kesimpulan, dan (5) rekomendasi. Karakter abstrak maksimum 250 words. Adapun kata kunci merupakan konsep-konsep kunci yang digunakan dalam penelitian minimal 3 dan maksimal 5 kata kunci disusun menurut alphabet, contoh Agama, Budaya, Cuaca, Dana, Emansipasi. Contoh abstrak, klik di sini !  
 
Tahap XII
Judul penelitian juga cantumkan nama lengkap, afiliasi, dan email. Cara menyusun judul penelitian, klik di sini !
 
 
Bandung, 28 April 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 
 
 
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN