Modul Penulisan Artikel Ilmiah

 




Modul ini digunakan untuk penulisan proposal skripsi, tesis, dan disertasi. Juga digunakan untuk penulisan hasil penelitian terutama dalam bentuk artikel ilmiah. Modul ini meliputi tahapan-tahapan berikut contoh, silakan klik bagain berwarna di bawah ini:
  1. Tahap penulisan Permasalahan Utama: Bagian ini meliputi permasalahan utama, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat hasil penelitian. 
  2. Tahap penulisan Hasil Penelitian Terdahulu: Bagian ini meliputi paparan hasil penelitian terdahulu dan perbedaan penelitian sekarang dengan hasil penelitian terdahulu. Di bagian ini harus sudah menerapkan aplikasi references (Mendeley).
  3. Tahap Kerangka Berpikir: Bagian ini merupakan alur logis secara garis besar berjalannya penelitian.
  4. Tahap penulisan Tinjauan Pustaka / Landasan Teoritis: Bagian ini menjadi landasan teoritis yang akan digunakan sebagai pisau analisis nanti di bagian pembahasan (discussion) penelitian.
  5. Tahap penulisan Metodologi Penelitian: Metodologi dapat berupa pendekatan kualitatif atau pendekatan kuantitatif. 
  6. Tahap penulisan Latar Belakang Penelitian: Penulisan latar belakang penelitian sengaja diakhirkan karena bila diawalkan seringkali menghambat kemajuan penulisan proposal atau penulisan artikel. 
  7. Tahap penyusunan seluruh hasil tahapan menjadi Pendahuluan. Setelah tahap 1 sampai tahap 6 selesai, selanjutnya tahap 7, yakni menyusun seluruh bagian menjadi pendahuluan artikel ilmiah. Pendahuluan artikel ilmiah adalah proposal penelitian. Sebaliknya, proposal penelitian adalah pendahuluan artikel ilmiah.
 

Bandung, 02 November 2021
Wahyudin Darmalkasana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH